Mohon tunggu...
Corona Prevention Info
Corona Prevention Info Mohon Tunggu... @cotion.info

Memberikan informasi, sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran milenial terhadap COVID-19

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Tips Mencegah Penularan Virus Corona Setelah Bepergian

3 Juni 2020   12:47 Diperbarui: 3 Juni 2020   12:43 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mencegah Penularan Virus Corona Setelah Bepergian
sabtu-5ed737c9d541df0ceb50b963.jpg

Sobat cotion.info apakah kalian tetap bepergian saat pandemi Covid-19? Jika kalian terpaksa bepergian saat pandemi sebaiknya tetap gunakan masker dan selalu menjaga kebersihan telapak tangan saat berada diluar rumah, lalu langkah apa saja yang harus dilakukan setelah samapi rumah agar keluarga tetap aman? Cotion.info punya tips mencegah penularan virus corona setelah bepergian, apa aja tipsnyaa?

Setelah berada diluar rumah kita tidak tahu apakah ada virus, baketri, ataupun kuman yang menempel ditubuh kita, jadi sebaiknya setelah sampai rumah kita membersihkan diri dan benda-benda yang kita gunakan sebelum berkumpul dengan keluarga, pastinya kita semua tidak ingin ada anggota keluarga yang terpapar virus, kuman, maupun bakteri, sehingga lebih baik sebelum berkumpul dengan keluarga lakukan tips pencegahan penularan virus corona setelah bepergian, tipsnya yaitu:

  • Buka Sepatu/Sandal Sebelum Masuk Kedalam Rumah

Saat bepergian pasti kita menggunakan alas kaki seperti sepatu atau sandal, sebelum memasuki rumah sebaiknya melepas alas kaki terlebih dahulu agar tidak mengotori rumah, menurut penelitian yang dilakukan Centers For Disease Control and Prevention (CDC) dari penelitian itu ditemukan virus corona bisa bertahan hidup dibagian sol sepatu. Jadi sebaiknya sebelum memasuki rumah terlebih dahulu melepas alas kaki yang digunakan agar tidak mengotori rumah serta mencegah penyebaran virus corona didalam rumah.

  • Semprot Disinfektan Pada Alas Kaki Maupun Pada Peralatan Yang Digunakan

Setelah melepas alas kaki seperti sepatu atau sandal maka langkah selanjutnya yaitu menyemprot sepatuatau sandal dengan cairan disifektan, karena menurut penelitian yang dilakukan Centers For Disease Control and Prevention (CDC) dari penelitian itu ditemukan virus corona bisa bertahan hidup dibagian sol sepatu, sehingga untuk membunuh virus yaitu dengan menyemprotkan cairan disifektan keseluruh bagian septu terutama bagian sol sepatu dimana virus bisa bertahan hidup disana, agar virus mati sebelum kita memasuki rumah maka mulai sekarang sebelum masuk rumah ayo semprot sepatu dengan cairan disifektan.

  • Buang Semua Sampah Yang Tidak Dibutuhkan Lagi Seperti Kertas, Nota, Struk

Seringkali setelah bebeprgian kemudian pulang kerumah membawa beberapa sampah yang tidak dibutuhkan lagi sperti kertas, nota, dan struk, kertas-kertas tersebut seringkali dipegang oleh banyak tangan misalnya struk belanja yang tersentuh oleh banyak tangan, jadi sebaiknya buang saja kertas-kertas yang sudah tidak digunakan lagi untuk mengindari penyebaran virus karena kertas tersebut tanpa sadar telah disentuh oleh banyak tangan. Jangan lupa juga buang masker yang digunakan dengan cara dibungkus dengan plastik yang sebelumnya masker sudah disemprot dengan cairan disifektan, jika menggunakan masker kain segera cuci masker kain dengan air panas dan detergen.

  • Cuci Tangan Dengan Sabun Dan Air Mengalir Minimal 20 Detik

 Setelah membuang sampah yang tidak dibutuhkan maka selanjutnya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik, kenapa harus dengan sabun dan air mengalir? Karena mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih efektif untuk mencegah penularan penyakit karena 80% dari kasus penyakit menular ditularkan melalui sentuhan tangan, dengan mencuci tangan berarti telah melakukan tindakan untuk mencegah resiko terlular penyakit ataupun virus. Dan mencuci tangan minimal 20 detik karena ukuran virus yang sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata maka mencuci tangan menjadi langkah yang tepat untuk menghindari penularan penyakit. Dalam Huffington Post dr. Neha Vyas dokter keluarga di Cleveland Clinic menyarankan untuk mencuci tangan minimal selama 20 detik.

  • Lepaskan Pakaian Kotor Dan Segera Cuci Pakaian Dengan Detergen

Setelah mencuci tangan dengan sabun dan air mengali minimal 20 detik langkah selanjtnya yaitu melepaskan pakaian kotor dan segera cuci pakaian dengan detergen, virus corona jenis baru bisa bertahan dipermukaan baju yang digunakan dan menyebabkan kontaminasi silang, menurut Cleveland ahli dermatologi Alok Vij mengatkan bahwa seberapa sering harus mencuci pakaian bergantung pada seberapa sering atau banyak beraktivitas diluar rumah, sebaiknya setelah bepergian langsung cuci baju agar virus segera mati dan tidak menyebar.

  • Mandi Sebelum Bersantai Atau Bencengkrama Dengan Keluarga

Sebelum bertemu dengan keluarga setelah membersihkan pakaian maka segera mandi agar virus, bakteri, maupun kuman mati saat terkena sabun karena kandungan dalam sabun yang menyebabkan virus, kuman dan bakteri bisa terlepas dari permukaan kuli, selain itu dengan mandi akan membuat tubuh lebih segar, dengan mandi sebelum bercengkarama dengan keluarga sama dengan melindungi keluarga dari paparan virus yang dibawa dari luar saat bepergian keluar rumah.

Jadi itulah beberapa tips mencegah penyebaran virus corona setelah bepergian menurut cotion.info, lakukan tips diatas yaa agar terhindar dari penyebaran virus corona, lindungi diri sendiri, keluarga dan orang lain agar tidak terpapar virus corona, jangan lupa jaga kebersihan, gunakan masker, tetap jaga jarak, dan selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik. Dan jangan lupa pantengin info menarik diakun Instagram cotion.info agar wawasan kalian seputar COVID-19 bertambah. Stay Health!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x