Mohon tunggu...
Cory Pramesti
Cory Pramesti Mohon Tunggu... Blogger

Penikmat Kopi. Tinggal di dua benua: lifeascory.com dan kampretstupid.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jangan Biarkan Anak-anak Penderita Kanker Mengalami Malnutrisi!

7 Agustus 2019   09:03 Diperbarui: 7 Agustus 2019   09:55 104 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Biarkan Anak-anak Penderita Kanker Mengalami Malnutrisi!
pict source: koran-jakarta.com

Seperti yang kita ketahui, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia (136.2/100.000 penduduk) berada pada urutan 8 di Asia Tenggara, sedangkan di Asia urutan ke 23. Terdapat 3 hingga 5 persen dari keseluruhan penyakit kanker yang terjadi pada anak (sebanyak 4156 kasus) yang hingga saat ini menjadi penyebab kematian kedua terbesar pada anak di rentang usia 5-14 tahun. Angka kematian tersebut mencapai 50-60 persen dari keseluruhan, karena pada umumnya penderita datang terlambat atau sudah dalam stadium lanjut akibat hejala kanker yang sulit terdeteksi. 

Menurut Prof. dr. Sofia Mubarika Haryana, M. Med. Sc., Ph. D., peneliti Kanker dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan bahwa kanker yang terjadi pada anak bisa jadi disebabkan oleh kelainan genetik yang dibawa sejak lahir. Selain itu, kanker juga bisa disebabkan karena kandungan zat berbahaya bagi kesehatan yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker tersebut. Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan, anak-anak berhak memperoleh lingkungan yang sehat dan bersih, terutama dari polusi dan asap rokok.

pict source: kliknutrisi.org
pict source: kliknutrisi.org
Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Pada Anak Penderita Kanker

Kanker yang diderita anak-anak di Indonesia saat ini mencapai 9 dari 100.000 yang diantaranya menyerang anak usia 0 sampai 17 tahun dengan jenis kanker yang beragam seperti leukimia, retinoblastoma, osteosarcoma, limfoma maligna, neuroblastoma, karsinoma, nasofaring dan lainnya. I think, kebanyakan dari mereka telah menderita kanker darah. Tahukah kalian bahwa 60 persen pasien anak dengan kanker telah terdiagnosa malnutrisi? Kondisi dimana tubuh tidak mendapatkan cukup nutrisi yang disebabkan karena pola makan atau kondisi pencernaan yang buruk. Nah, bisa jadi penyakit kanker yang diderita pada anak juga bisa menyebabkan timbulnya malnutrisi.  Sebuah studi di RSUP Dr. Kandou Manado menunjukkan bahwa 32,3 persen anak berstatus gizi kurang dan 12,9 persen mengalami obesitas yang dinilai saat akhir induksi kemoterapi. 

Hal ini bisa disimpulkan bahwa pasian anak dengan kanker yang rentan mengalami berbagai kondisi malnutrisi diakibatkan karena adanya peningkatan konsumsi energi (mengalami obesitas) ataupun mengalami gangguan absorbsi nutrisi (kurang gizi) yang disebabkan oleh penanganan atau pengobatan, atau juga karena penyakit itu sendiri. Oleh karena itu, menjaga asupan nutrisi bagi anak penderita kanker sangatlah penting dan harus lebih diperhatikan lagi ketika menjalani penanganan medis. Karena saya pikir, mereka juga berkesempatan kok untuk memiliki tumbuh kembang yang optimal seperti anak sehat pada umumnya. 

pict source: wartakota.tribunnews.com
pict source: wartakota.tribunnews.com
Menjalani pola hidup sehat dan pemenuhan nutrisi yang bergizi dan seimbang merupakan langkah terbaik yang bisa dijalani untuk mendukung mereka dalam menjalani pengobatan. Sehingga mereka bisa menjaga berat badan ideal dan memenuhi kebutuhan energi untuk tahap pemulihan dan penyembuhan. Seperti yang kita ketahui juga bahwa pada umumnya pasien anak penderita kanker bisa terkena kondisi mual, hilang nafsu makan, dan kehilangan berat badan selama pengobatan. Jadi, nutrisi yang cukup bagi mereka adalah supporting penuh bagi tubuh yang sedang berjuang melawan penyakit yang sedang menggerogoti kehidupannya. 

Apa saja nutrisi yang bisa diberikan kepada anak penderita kanker?

Tidak ada perubahan pola makan atau diet khusus pada anak penderita kanker. Kemungkinan besar yang bisa dicapai adalah pemenuhan asupan gizi seimbang dengan memberikan komponen makanan sehat yang bisa membantu penyerapan nutrisi makanan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama menjalani pengobatan. Diantara yang bisa dilakukan adalah memberi makanan sehat seperti makanan yang mengandung karbohidrat (roti, gandum, beras merah, sereal, kacang kering dan lenting), protein (daging tanpa lemak, ikan, susu, telur, dan yogurt) yang bisa membantu perbaikan jaringan tubuh, air putih untuk membantu mengeluarkan kotoran dan menetralisir dehidrasi pada tubuh, vitamin (buah dan sayuran) yang berfungsi menjaga sistem imun tubuh, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, dan membantu tubuh menciptakan energi dari karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu ada asupan mineral (yang bisa didapat dari makanan yang mengandung kalsium, sayur-sayuran seperti brokoli, seafood, kacang-kacangan dan sebagainya.

Jadi, jangan biarkan anak penderita kanker mengalami malnutrisi pada saat pemulihan dan tahap penyembuhan ya kak. Mari kita jaga populasi anak Indonesia yang sehat, cerdas, dan membanggakan nantinya.

Tabik,

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x