Mohon tunggu...
Cory Pramesti
Cory Pramesti Mohon Tunggu... Blogger

Penikmat Kopi. Tinggal di dua benua: lifeascory.com dan kampretstupid.com

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Siapkan Menu Sehat Saat Sahur dan Buka demi Menjaga Stamina di Awal Puasa

7 Mei 2019   21:01 Diperbarui: 8 Mei 2019   10:11 0 6 4 Mohon Tunggu...
Siapkan Menu Sehat Saat Sahur dan Buka demi Menjaga Stamina di Awal Puasa
Pict Source: honestdocs.id

Tak terasa, Ramadhan sudah hampir memasuki hari ketiga. Ini artinya kita sudah berhasil melewati ibadah puasa selama dua hari. Alhamdulillah, rasanya baru kemarin sahur pertama, hari ini sudah siap-siap ikut tarawih yang ketiga kalinya saja. Duh, kuat nggak ya ikut sholat Tarawih sampai selesai? Secara, biasanya kalau jam-jam isya' begini waktunya nonton teve atau goler-goler di kasur setelah menjalani rutinitas sholat fardhu. 

Hadeuh, kok ya jadi pesimis gini, katanya mau jadi cewek strong sampai Hari Raya? Lha kok udah teler aja masih dua hari puasa. Oke, tuntaskan kewajiban selama bulan Ramadhan dan mari merealisasikan semua harapan di dalamnya.

Untuk menjalani aktifitas segudang selama berpuasa, dlohiron wa baatinan yang kita miliki juga harus sinkron. Jangan sampai kegalauan di dalam hati dan pikiran menguasai tubuh kita, yang ada kitanya malah tumbang sebelum berjuang. Mau ibadah sunnah sholat tarawih saja masih kalah sama rasa malas; bangun dari tempat tidur. 

Mau belajar bahasa korea sama thailand malah main game berlama-lama di smartphone. Mau nulis menyelesaikan deadline sponsorpost di blog malah mata dibiarkan ngantuk. Apa kareba ceritane? Itu namanya bekuna alias bego kurang stamina. Loh loh loh, nggak mau dong ya dibilang bego, apalagi kurang stamina. Amit-amit!

Terus, gimana dong kak supaya stamina kita tetap terjaga selama awal puasa ini? Kalau perlu selama sebulan ini.

Of course, kalian mungkin sudah paham kalau stamina itu bisa terjaga ketika daya tahan tubuh kita tetap stabil. Supaya daya tahan tubuh kita tetap stabil, begini tips berpuasa ala-ala saya di tahun 2019 ini.

dok. pribadi
dok. pribadi
1. Sediakan Menu Sahur yang Bergizi dan sesuai Porsi

Tahu dong ya, kalau tiap orang pasti beda-beda porsi makannya. Ada yang cuma makan roti sudah merasa kenyang seharian, ada juga yang mengharuskan dirinya makan nasi baru bisa kenyang. Kalau saya tipe orang yang agak susah makan nasi, tapi doyan nyemil. Untuk menu sahur sendiri saya biasa bikin energen dicampur susu tanpa es batu. 

Satu kali sahur biasanya menghabiskan 2 sachet energen rasa kacang hijau dan 1 sachet susu indomilk cair. Setelah itu saya banyakin minum air putih. Sesuai slogan dong, "Energen: Minum Makanan Bergizi". Jadi untuk menjaga stamina tubuh tetap fit sampai waktunya berbuka, saya memilih menikmati segelas energen panas dan sesobek roti.

Kalau ibu saya sendiri lebih suka makan nasi saat sahur. Yang penting ada menu empat sehat lima sempurna, beliau selalu merasa fit badannya hingga sore. Kalau kalian pecinta manis ya boleh saja bikin menu granola plus susu manis untuk sahur. Dijamin sehat wal afiyat sampai buka puasa nanti. Asalkan sesuai porsi.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
2. Minum Vitamin C atau suplemen anti tumbang saat sahur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2