Mohon tunggu...
Cory Pramesti
Cory Pramesti Mohon Tunggu... Blogger

Penikmat Kopi. Tinggal di dua benua: lifeascory.com dan kampretstupid.com

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Bulan Ramadan Hadir Kembali, Semoga Bisa Lolos Ibadah Mahdloh dan Sunnahnya

6 Mei 2019   23:52 Diperbarui: 7 Mei 2019   00:27 0 9 5 Mohon Tunggu...
Bulan Ramadan Hadir Kembali, Semoga Bisa Lolos Ibadah Mahdloh dan Sunnahnya
Cory dan Mardhiyah selesai menjalankan sholat jama'ah

Tidak ada yang diharapkan bagi seorang muslim ketika bulan Ramadhan hadir kembali selain untuk beribadah sebanyak-banyaknya, bekerja sebaik-baiknya dan belajar tuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya. Karena Ramadhan sesungguhnya adalah peluang bagi sesiapa yang mau belajar lebih mengintropeksi diri, mengejar amalan-amalan shalih tuk akhirat nanti. Dunia menghampiri, surga dalam bayangan sufi pun akan menanti.

Saya sendiri belajar dari dalam hati. Ada secercah harapan yang saya kantongi untuk bulan yang Suci penuh kebahagiaan ini. Setahun sekali loh, kapan lagi umat muslim bisa merasakan kenikmatan yang begitu luar biasa kan. Menahan diri untuk tidak makan dan minum, menahan diri dari penyakit hati, menahan diri dari segala perbuatan buruk yang bisa memperkeruh keadaan.

Semuanya dilakoni untuk mencapai sebuah kelolosan bahwa kita sudah melakukan hal yang lebih baik dalam menjalankan ibadah kepada-Nya dan sesama. Sampai pada saatnya, hari Raya telah membebaskan kita dengan value manusia yang berbeda-beda.

Menulis juga Ibadah kan?
Bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan syariat yang kita yakini adalah sebuah ibadah. Selain menjalankan rutinitas sholat lima waktu dalam sehari, kita juga dituntut untuk produktif menjalankan amalan sunnah yang lainnya selama bulan Ramadhan. Seperti membaca al-Qur'an, mengikuti tadarrus, sholat berjama'ah, juga menjalankan aktifitas sesuai profesi masing-masing. Bloger juga boleh nulis dong? Ya boleh atuh.

Berbagi pengalaman/ kisah yang menginspirasi kan lagi bagus. Apalagi bisa membawa pengaruh baik bagi kehidupan si pembaca, rasanya surga sekali bisa menularkan ilmu atau membuat orang lain semangat dalam menjalankan hidup di dunia ini.

Harapan saya tidak muluk-muluk, tapi berharap hasilnya bisa meluap-luap. Dalam artian bisa menjadikan diri saya dan orang-orang yang ada di sekitar saya merasa bahagia dengan apa yang sudah saya kerjakan. Ramadhan saatnya memperbaiki diri, hal-hal yang berkenaan dengan ketulusan hati kudu benar-benar diaplikasikan. Beberapa wishlist selama satu bulan ini sudah saya catat rapi dalam memori kepala yang sudah mulai menua.

Menabung untuk Dunia dan Akhirat
Kalau harus ditanya apa harapan saya, mungkin akan saya jawab "sepele". Saya cuma ingin belajar bahasa dan menulis. Beberapa bahasa dunia secara pengucapan dan penulisan akan saya pelajari selama Ramadhan tahun 2019 ini. Sehigga harapan besar suatu hari nanti bisa menginjakkan kaki di belahan bumi yang berbeda dari sekarang bisa terlampaui dengan mudah. Dan apa yang saya dapatkan bisa saya bagikan lagi dengan bahagia.

Ya, saya ingin belajar menulis lebih lagi. Dengan menulis apa saja di platform yang sudah pernah saya tinggali, mungkin saya akan berproses selama 30 hari ini. Berharap setelah Ramadhan usai, segala pembelajaran selama satu bulan ini bisa bermanfa'at untuk saya pribadi juga para pembaca di luar sana.

Selain belajar bahasa dan menulis, saya juga ingin belajar mengaplikasikan amalan sunnah secara rutin, seperti menjalankan sholat sunnah (yang seharusnya tak perlu dipamerkan di sini), bersedekah, juga belajar membaca lebih baik lagi mengenahi kitab suci yang saya percayai.

Ya, tentunya semua akan menjadi tabungan bagi saya sendiri selama saya hidup dan setelah saya meninggalkan dunia ini nanti. Ibadah mahdloh kepada Allah, juga ibadah sunnah kepada makhluk Allah, semoga tak terlepas di bulan Ramadhan tahun 2019 ini.

Baarokaallahu lakuma wa baaroka 'alaikuma wa jama'a bainakuma fii kulli khoir. Aamiin.

So, apa harapan kalian di bulan Ramadhan tahun 2019 ini? Share juga dong di kolom komentar! 

VIDEO PILIHAN