Mohon tunggu...
Corry LauraJunita
Corry LauraJunita Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Tsundoku-Cat Slave

-

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

6 Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Stres

12 Agustus 2020   18:28 Diperbarui: 16 Agustus 2020   23:20 2406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi merencanakan keuangan (Sumber: www.steemit.com)

Beberapa waktu yang lalu, saya menanyakan jadwal pengambilan sumpah seorang adek kelas. Dari sekadar menanyakan kabar, chat kami pun berlanjut hingga membicarakan efek pandemi ini. Tidak disangka, tiba-tiba ia mengucapkan terima kasih karena telah banyak sharing mengenai pengaturan keuangan pribadi kepadanya. 

Memang, saat masih bisa bebas bertemu dan nginap bersama saya, kadang sharing dan menekankan pentingnya dana darurat, dan mengenalkan jenis-jenis tabungan dan investasi kepadanya dan beberapa anak lain yang sudah akrab dengan saya. 

Sebenarnya saya hanya membagikan ilmu yang saya peroleh gratis dari berbagai media sosial, blog, maupun konten-konten di YouTube. 

Tujuan saya berbagi adalah supaya saat mereka bekerja nanti, mereka tidak kalap dan bisa belajar menyisihkan sedikit dari penghasilan mereka untuk masa depan. 

Saya berharap mereka tidak tersesat seperti saya yang merasa sangat terlambat mempelajari pengelolaan keuangan pribadi yang benar. Sesungguhnya tidak ada kata terlambat untuk belajar dan berubah kearah yang lebih baik.

Berawal dari chat singkat itu, saya merenungi sudah sejauh mana saya berkembang dan apakah pengaturan yang sekarang saya lakukan sudah tepat. 

Sebelum menemukan metode yang saya gunakan saat ini, saya pernah berulang kali mengutak atik pengaturan keuangan saya. Berbagai metode yang disarankan oleh beberapa finansial advisor telah saya coba seperti metode persentase, metode simple (kebutuhan dan tabungan), dan banyak lagi. 

Saya bahkan membeli beberapa buku cara mengatur keuangan seperti Make it Happen dan Cantik, Gaya, dan Tetap Kaya dari Prita Ghozie, E-book Investory, seri Investory dan Client dari Andika Diskartes, bahkan rela pre-order buku dari financial advisor yang membuat heboh baru-baru ini "The Principles of Personal Finance" yang enggak kepakai sama sekali karena isinya ternyata foto-foto saja, hiks.

Untuk itu saya memutuskan untuk mencoba menuliskan apa yang saya lakukan dari awal mengelola keuangan hingga pengaturan yang saya lakukan saat ini. 

Siapa tahu kelak saya kembali merasa tersesat, dengan kembali membaca tulisan ini, saya bisa kembali menemukan semangat dan pola pengaturan yang terbaik. 

Semua hal yang saya tuliskan ini murni merupakan pengalaman pribadi dan hasil menggabungkan ilmu-ilmu gratis yang saya temukan di internet dan sosial media.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun