Mohon tunggu...
Corry LauraJunita
Corry LauraJunita Mohon Tunggu... Tsundoku-Cat Slave

-

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Perubahan Jadwal KAI Mulai 1 Desember 2019

7 November 2019   22:17 Diperbarui: 7 November 2019   22:29 0 0 1 Mohon Tunggu...
Perubahan Jadwal KAI Mulai 1 Desember 2019
Ruang Tunggu Stasiun KAI | Dokumentasi Pribadi

Pada tanggal 1 November kemarin, melalui akun twitter @densha_foxtrot saya mendapat informasi mengenai perubahan jadwal kereta. Sebagai pengguna rutin moda transportasi ini, saya langsung cek sendiri ke website PT. KAI. Ternyata memang benar ada perubahan karena adanya perubahan Grafik Perjalanan KA (GAPEKA) tahun 2019. KAI akan menggunakan Grafik Perjalanan KA 2019  ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 1781 Tahun 2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero). 

GAPEKA ini menggantikan GAPEKA tahun 2017. Perubahan ini disebabkan oleh banyak perkembangan perkeretaapian seperti, pengoperasian Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa dan Sumatera, Penambahan Lintas Baru seperti LRT Sumatera Selatan, Penambahan Stasiun, penambahan kecepatan prasarana, dan penetapan perjalanan KA baru.

Memang beberapa tahun terakhir ini, PT. KAI sedang giat menambah lintasan baru, dan mengaktifkan kembali stasiun-stasiun lama di daerah.

Karena saya seorang pengguna rutin angkutan ini, saya langsung cek KA yang sering saya gunakan yaitu Fajar Utama dari Yogyakarta tujuan Jakarta, Jayakarta Premium dari Yogyakarta tujuan Jakarta, dan Senja Utama Solo dari Jakarta ke Yogyakarta. Ternyata, benar ada perubahan untuk Jayakarta Premium dan Senja Utama Solo sedangkan kereta Fajar Utama tidak ada perubahan. Jayakarta Premium yang tadinya berangkat puku 20.37 WIB dari Yogyakarta berubah menjadi 19.47 WIB. Sedangkan Senja Utama Solo yang berangkat pukul 22.00 dari Pasar Senen, berubah bukan hanya waktu saja, tetapi juga nama menjadi KA Fajar Utama Solo yang berangkat pada 05.50 WIB.

Dengan adanya perubahan jadwal tersebut saya kembali harus mencermati pilihan kereta yang akan menjadi langganan untuk bepergian. Karena selain jadwal yang berubah, ada banyak kereta baru juga loh. Semoga bisa menjadi alternatif baru.

Berdasarkan web KAI berikut adalah beberapa perubahan jadwal, waktu tempuh, dan adanya kereta baru yang akan diberlakukan mulai tanggal 1 Desember 2019. Belum semuanya tercantum di daftar berikut. Untuk mengetahu lebih pastinya apakah kereta langganan anda berubah jadwal atau tidak, bisa cek langsung melalui website PT KAI atau dengan menggunakan aplikasi KAI Access

Perubahan Jadwal KA

  • KA Senja Utama Solo dari Pasar Senen ke Solo Balapan, yang semula berangkat pukul 22.00 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan menjadi KA Fajar Utama Solo yang berangkat pada 05.50 WIB atau lebih awal 16 jam 10 menit.
  • KA Argo Bromo Anggrek dari Gambir ke Surabaya Pasarturi, yang semula berangkat pada pukul 09.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 08.15 WIB atau lebih awal 75 menit.
  • KA Matarmaja dari Malang ke Pasar Senen, yang semula berangkat pada pukul 17.30 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 09.00 WIB atau lebih awal 8 jam 30 menit.
  • KA Kahuripan dari Bandung Kiaracondong ke Blitar, yang semula berangkat pada pukul 18.10 WIB, mulai 1 Desember 2019 akan berangkat pada 23.15 WIB atau lebih akhir 4 jam 5 menit.

Perubahan Waktu Tempuh KA

  • KA Brantas relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 54 menit dari sebelumnya 15 jam 4 menit menjadi 14 jam 10 menit.
  • KA Pasundan relasi Bandung Kiaracondong ke Surabaya Gubeng mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 82 menit dari sebelumnya 16 jam 7 menit menjadi 14 jam 45 menit.
  • KA Singasari relasi Blitar ke Pasar Senen mulai 1 Desember 2019 akan mengalami pengurangan waktu tempuh sebesar 45 menit dari sebelumnya 15 jam 55 menit menjadi 15 jam 10 menit.

Perpanjangan Relasi KA

  • KA Argo Wilis dan Turangga sebelumnya Surabaya Gubeng - Bandung pp kini menjadi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir pp
  • KA Mutiara Selatan sebelumnya Malang - Surabaya Gubeng - Bandung pp kini menjadi Malang - Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir pp
  • KA Malabar sebelumnya Malang - Bandung pp kini menjadi Malang - Bandung - Pasar Senen pp

Hadirnya KA Baru

  • Anjasmoro Ekspres relasi Jombang - Yogyakarta - Pasar Senen pp
  • Dharmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen pp
  • Sancaka Utara relasi relasi Surabaya Pasar Turi - Gambringan - Solo Balapan - Kutoarjo pp
  • Argo Cheribon relasi Pemalang - Gambir dan Tegal - Pemalang

Meskipun kereta favorit saya berubah jadwal, sepertinya sih saya belum akan berniat pindah ke moda transportasi lain (kecuali sangat urgent tentunya) karena saat ini kereta api merupakan moda transportasi yang paling terjangkau dan nyaman bagi saya..