Mohon tunggu...
Cornelia Elvira
Cornelia Elvira Mohon Tunggu... Entrepreneur

I work as Software QA Analyst in BCA | Entrepreneur | Owner at @morichishop

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Karyawan Vs Mahasiswa: Lebih Baik Kuliah atau Bekerja Dulu?

25 Agustus 2020   01:49 Diperbarui: 25 Agustus 2020   02:46 110 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Karyawan Vs Mahasiswa: Lebih Baik Kuliah atau Bekerja Dulu?
yooreka.id

Bagi sebagian siswa-siswi di Indonesia, khususnya mereka yang baru saja lulus atau mungkin sedang duduk di bangku SMA akhir, pasti memiliki kecenderungan dalam berpikir soal studi lanjutan atau langsung memulai karir sehabis lulus sekolah. Hal ini seringkali menjadi kegelisahan generasi milenial karena masing-masing dari pilihan tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Ada yang takut dengan ketidaksanggupan membayar biaya kuliah, ada juga yang merasa belum siap untuk bersaing di dunia kerja. Namun, apa yang seharusnya kita pertimbangkan sebelum membuat keputusan yang tepat?

Tentu saja, kita harus mengetahui tujuan dan visi misi kita untuk masa depan. Kalau merasa belum cukup ilmu atau keahlian, bisa melanjutkan kuliah atau kursus sebelum memutuskan terjun ke dalam dunia kerja. Ketahuilah, meski jangka waktu yang harus ditempuh selama kuliah terbilang cukup lama, tetapi kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keunggulan tersendiri.

Mulai dari ilmu pengetahuan, pergaulan, peminatan khusus, pengembangan diri, pengalaman berorganisasi, dan banyak hal lainnya yang bisa kita peroleh selama duduk di bangku kuliah.

Hal ini sangat berguna sebagai bekal karir di masa yang akan datang. Namun, tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa berkuliah sambil bekerja. Di zaman sekarang ini, sudah cukup banyak lowongan pekerja lepas atau magang khusus untuk mahasiswa. Ini sangat berguna bagi Anda yang menginginkan penghasilan tambahan untuk membiayai kebutuhan kuliah.

Selain itu, dengan tersedianya berbagai macam lembaga pemberi beasiswa, ini akan semakin mendukung siswa-siswi di Indonesia untuk melanjutkan studi mereka hingga ke bangku kuliah dengan biaya parsial atau bahkan beasiswa penuh. Umumnya penerima beasiswa ini akan mengalami proses seleksi yang cukup ketat dan dinilai sesuai dengan kemampuan dan prestasi akademik yang telah diraihnya.

Maka dari itu, sangat penting untuk mempertahankan prestasi dan keaktifan berorganisasi selama ada di bangku sekolah, ini bisa menjadi nilai tambah lho. Dengan pendidikan sarjana yang sudah ditempuh, maka peluang karir Anda akan semakin lebih luas.

Namun, keputusan untuk bekerja terlebih dahulu setelah lulus sekolah tidaklah buruk. Anda akan dibekali dengan pengalaman bekerja yang dapat mengasah kemampuan dan karakter, serta profesionalitas dalam bekerja. Gaji yang diterima pun umumnya lebih besar dibandingkan dengan pekerja lepas atau magang.

Di saat banyak orang yang lulus sarjana menyandang status sebagai lulusan baru, kini Anda sudah menyandang status sebagai pekerja profesional sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda tekuni.

Kemudian, jangan lupa untuk selalu mengimprovisasi diri dan keahlian dengan mengikuti beberapa kursus, seminar, atau loka karya yang relevan, sehingga dapat menunjang prospek karir Anda yang lebih baik di masa yang akan datang.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga Anda akan melanjutkan kuliah setelah bekerja atau bahkan sambil menjalankan keduanya dengan mengambil jadwal kuliah kelas karyawan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN