Mohon tunggu...
Corfina Capital
Corfina Capital Mohon Tunggu... Corfina adalah salah satu perusahaan kewirausahaan Penasehat Pengelolaan Keuangan dan Manajer Investasi di Indonesia. Kami terdiri dari kelompok yang unik dari setiap individu nya. Pendiri perusahaan kami adalah individu berpengalaman yang telah mengumpulkan pengalaman berharga dalam menjalankan perusahaan-perusahaan Indonesia yang besar serta bekerja untuk perusahaan multinasional besar.

Jika kamu tertarik, pastinya kamu belajar di beberapa akun kami yang lain Intstagram : https://www.instagram.com/corfina_capital/ Website : https://corfina.id/

Selanjutnya

Tutup

Finansial

6 Peraturan Dasar Berinvestasi ala Ayah

11 September 2019   16:00 Diperbarui: 11 September 2019   16:09 0 1 0 Mohon Tunggu...

Investasi memang bukan sekedar sebuah life style bagi orang kaya saja, melainkan semua orang pun bisa memalukannya. Namun ada beberapa peraturan yang bisa dijadikan pedoman untuk siapapun yang akan memulai investasi dan yang sedang menjalan investasi.

Bagi siapapun yang akan berinvesatasi, harus paham dan menguasai investasi tersebut. Sebagai contoh anda masih kecil belajar naik sepeda. Mungkin untuk pertama kali anda hanya bisa melihat teman anda yang bermain spesa namun lama kelamaan akan mencoba untuk naik sepeda sendiri. Awal percobaan naik sepeda, akan naik sepeda roda empat untuk menjaga keseimbangan, kemudian roda kecil yang ada di ban belakang pun dilepas 1 per satu, dan anda pasti merasakan kaki penuh dengan luka akibat sering terjatuh dari sepeda karena tidak mampu menahan kesimbangan atau rem tiba-tiba blong. Hingga pada akhirnya anda akan mahir bersepeda dengan 2 roda karena ada terus mencobanya.

Sama hal nya seperti anda berinvestasi. Pasti pernah mengalami jatuh bangun, rugi dan bahkan ditipu oleh orang. Nah dari hal tersebut maka penting bagi kita sebelum memulai investasi harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup, karena jika tidak seperti itu maka anda akan melakukan investasi yang salah lagi.

Nah berikut ini adalah 6 peraturan dasar berinvestasi ala ayah kaya Robert T. Kiyosaki:

Peraturan 1: Harus Tahu Jenis Pendapatan dari Investasi yang Dijalankan

Mungkin banyak orang yang tidak tahu mnegenai jenis pendapatan, dan beranggapan yang penting dapet gaji setiap bulan. Yang perlu diketahui bahwa jenis pendapatan dibagi menjadi 3 yaitu:

Pendapatan aktif              : Pendapatan dari hasil kerja yang didapatkan secara rutin setiap bulannya. Jika hanya mengandalkan pendapatan aktif                                                                    mungkin agak sulit untuk bisa terus menambah asset secara cepat.

Pendapatan Pasif             : Pendapatan diluar dari pekerjaan utama anda yang biasanya didapat dari property dan royalty. Contohnya anda punya                                                                    tempat sewa kamar untuk anak kuliah atau pekerja.

Pendapatan Investasi     : Pendapatan yang didapat dari hasil investasi di Surat Berharga Pasar Uang dan Pasar Modal.

Jika ingin menjadi kaya maka anda bisa bekerja untuk pendapatan pasif menurut Robert T Kiyosaki.

Peraturan 2: Konversikanlah pendapatan aktif menjadi pendapatan pasif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3