Mohon tunggu...
Coretan Pena
Coretan Pena Mohon Tunggu... Guru - Pelajar

Orang yang paling baik di antara kalian adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Semua Agama Sama?

21 September 2021   22:35 Diperbarui: 21 September 2021   23:03 78 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Semua Agama Sama?
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Akhir-akhir ini jagat maya dihebohkan oleh pernyataan sang Letnan Jendral Dudung yang mengatakan semua agama benar. Tanggapan serius bermunculan terutama dari kalangan umat muslim. 

Kemudian pernyataan tersebut diperjelas dirinya sebagai seorang jendral bukan sebagai seorang ulama. Tentu pernyataannya itu dilandasi pada Pancasila, sila ke 1 yang berbunyi "Ketuhanan yang Maha Esa" yang diartikan bahwa semua agama yang resmi di Indonesia memiliki kedudukan yang sama di mata negara. Lantas bagaimana hakikat agama dalam Alquran sebagai kitab suci umat Muslim? 

Setiap pemeluk suatu agama pasti meyakini apa yang disampaikan oleh kitab sucinya. Begitu pula Islam, Alquran sebagai wahyu Tuhan Yang Maha Benar telah memberikan penjelasan gamblang langsung dalam bentuk ayat, Allah menyatakan dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 19, "Agama yang diterima di sisi Allah hanyalah Islam". 

Kalimat yang sangat jelas. Menunjukkan satu pengakuan yang berani yang hanya bisa dilakukan Tuhan. Secara pribadi, masih belum menemukan satu redaksi yang menyatakan dalam kitab suci yang lain menyatakan agamanya benar. 

Dalam ayat yang lain di Surah yang sama, Ali Imran ayat 86 berbunyi "Dan barangsiapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi".  Dua ayat tersebut menunjukkan memang tidak ada agama yang diridhai, yang diterima selain Islam. Menurut kitab suci umat Islam. Pemeluknya tentu wajar berpegang teguh terhadap ayat yang disampaikan kitab sucinya. Sebagaimana agama lain yakin dengan kitab sucinya. 

Meski demikian, Islam telah memberikan etika yang baik kepada agama lain. Bersikap menghargai keyakinannya, tidak menggangu ibadahnya, saling tolong menolong dalam hal kemanusiaan, tidak menyakiti, begitu prinsip Islam yang diajarkan kepada pemeluknya. 

Demikian gamblang kitab suci Alquran menegaskan bahwa hanya Islam agama satu-satunya yang benar. 

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan