Mohon tunggu...
Inova News
Inova News Mohon Tunggu... Berita

Memberikan berita dan informasi seputar transportasi dan gps tracker

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Ingin Bisnis Logistik Berjalan Mulus? Saatnya Pakai GPS Tracker!

3 Mei 2021   12:00 Diperbarui: 3 Mei 2021   12:03 30 1 0 Mohon Tunggu...

Meningkatnya sektor-sektor industri di Indonesia, membuat perusahaan logistik harus bekerja keras dalam melakukan pengiriman barang ke pelanggan. Tak heran, jika banyak perusahaan logistik mulai meningkatkan kualitas pengiriman barang masing-masing. Maka dari itu, perusahaan logistik harus memberikan pelayanan yang terbaik agar semakin efisien dan efektif dalam pengiriman barang. Salah satunya adalah dengan menggunakan GPS Tracker yang merupakan perangkat penting dalam bisnis logistik. Berikut beberapa fungsi yang akan berguna bagi bisnis logistik.

1.Pengiriman Tepat Waktu
GPS Tracker sebagai alat pelacak objek mampu untuk melacak posisi kendaraan secara akurat. Dari pelacakan tersebut, pengguna GPS Tracker dapat memantau truk yang diatur untuk membawa aset ke suatu tempat dan dapat menganalisa laporan pada setiap aset di perjalanan. Hal ini dapat membuat pengiriman menjadi lebih tepat waktu dan bisa mengecek apakah pengemudi berkendara sesuai rute yang sudah ditentukan. Jadi, dipastikan bahwa GPS Tracker akan membuat bisnis logistik semakin efisien dan produktif karena juga menghitung dan menampilkan perkiraan waktu kedatangan.

2.Mengantisipasi Risiko Pencurian
Fitur yang telah dikembangkan di GPS Tracker adalah fitur pemantauan konsumsi bahan bakar. Adanya sensor tingkat bahan bakar dapat mendeteksi tingkat bahan bakar di tangki bahan bakar kendaraan. Pengguna GPS Tracker akan mendapatkan informasi jika terjadi pengurangan bahan bakar dalam waktu dan jarak tempuk yang cukup singkat. Jika pengurangan itu terjadi, hal tersebut bisa diindikasikan sebagai pencurian. Selain itu, Adanya fitur penganalisa perjalanan juga dapat mendeteksi kegiatan bongkar muat menggunakan sensor rotasi drum. Sehingga, jika terjadi akitivtas yang mencurigakan, pengguna GPS Tracker dapat melacak dan mengetahuinya segera.

3.Menjaga Keselamatan Muatan
Tidak hanya untuk mengantisipasi risiko pencurian, tapi GPS Tracker juga memilki fungsi untuk menjaga keselamatan muatan di perjalanan. Fitur yang dimiliki dapat mencatat segala jenis aspek yang sedang berjalan seperti jarak, waktu tempuh, dan kecepatan rata-rata setiap perjalanan. Selain itu, fitur manajemen perintah kerja juga akan memberikan informasi tentang kemajuan mengenai kendaraan yang sedang dalam perjalanan. Pengguna GPS Tracker juga dapat mengetahui perilaku pengendara dan akan menerima notifikasi jika pengemudi melakukan beberapa pelanggaran. Selain menjaga keselamatan muatan, fitur ini juga untuk keselamatan pengemudi.

4.Mengurangi Biaya Operasional
Fungsi utama yang paling dibutuhkan adalah mengurangi biaya operasional dari kendaraan yang sedang melakukan perjalanan. Beberapa fiturnya dapat memantau waktu penggunaan kendaraan dan akan ada laporan yang dianalisis untuk penjadwalan pemeliharaan dan perawatan berdasarkan jarak tempuh, jam mesin atau waktu. Pengguna GPS Tracker juga dapat melacak jika mesin kendaraan dipakai dalam keadaan diam. Selain itu, jika ada kendala pada bagian kendaraan, maka akan mendapat laporan dari pengemudi untuk segera ditangani.

Hal-hal diatas adalah fungsi dari penggunaan GPS Tracker yang harus digunakan oleh perusahaan logistik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x