Mohon tunggu...
Alvarium IDN
Alvarium IDN Mohon Tunggu... Lainnya - E-Commerce

Alvarium adalah perusahaan e-commerce startup Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan platform bagi masyarakat untuk berbisnis dengan mudah. Seperti arti dari Alvarium, kata Latin untuk 'sarang lebah', kami ingin menjadi tempat di mana orang akan memanen keuntungan, untuk merasakan manisnya hasil pekerjaan mereka. Jadilah reseller kami!

Selanjutnya

Tutup

Money

Teknik Copywriting untuk Bisnis Online

4 November 2020   15:28 Diperbarui: 4 November 2020   15:34 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Dalam dunia bisnis online, tentunya kamu harus mengutamakan pemasaran dalam penulisan yang menarik bagi konsumen. Mengapa? Karena melakukan bisnis secara online, kamu tidak dapat bertemu langsung dengan calon pembeli. Oleh karena itu, hal penting yang perlu kamu lakukan adalah mengutamakan untuk memberi penjelasan dan memberikan penawaran produk secara detail agar mudah dipahami oleh konsumen.

Nah, kamu bisa lakukan copywriting untuk bisnis online dengan menerapkan teknik AIDA yakni, Attention (Perhatian), Interest (Minat), Desire (Keinginan) dan Action (Tindakan). Mari simak penjelasannya berikut ini.

  • Attention (Perhatian)

Tahap awal dalam teknik AIDA adalah menerapkan perhatian kepada calon konsumen. Bagaimana caranya? Pada tahap ini, kamu bisa menggunakan copywriting untuk bisnis online-mu dengan pemasaran produk yang menarik perhatian konsumen. Gunakan tulisan yang mudah diingat, cepat dipahami oleh konsumen dan tentunya ramah. Hal tersebut dilakukan, untuk mendapatkan perhatian konsumen saat membaca produk yang ditampilkan dan berkomunikasi dengan penjual. Dalam menggunakan copywriting, teknik perhatian sangat diperlukan untuk meningkatkan brand awareness bisnis online kamu loh. Jika, konsumen sudah sadar dan tertarik akan produk kamu, maka akan semakin mudah memperluas jangkauan konsumen.

  • Interest (Minat)

Pada tahap ini, kamu perlu mengetahui minat bagi calon konsumen. Minat apakah yang dapat menarik produk bisnis online-mu? Apakah sesuai dengan segmentasi konsumen dengan produk yang dijual? Nah, dalam teknik ini, kamu harus mempelajari mengenai kegunaan dari produk bisnis kamu dan bagaimana kamu bisa membangkitkan rasa minat konsumen terhadap keunggulan produk. Lakukan copywriting yang menampilkan pesan positif dari keunggulan produk dan manfaat apa saja yang akan dirasakan oleh konsumen. Sehingga kamu bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

  • Desire (Keinginan)

Hal yang mendorong konsumen untuk memiliki produk kita adalah dapat memenuhi kebutuhan mereka dan memberikan nilai tambah kegunaaan barang. Biasanya, konsumen sering kali tidak mengetahui apakah kegunaan produk tersebut. Oleh karena itu, dengan menggunakan copywriting untuk bisnis online, akan memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi bagaimana cara kerja produk dan keistimewaan pada produk tersebut. Sesuaikan bahasa dan berikan solusi agar keinginan konsumen dapat tercapai.

  • Action (Tindakan)

Aksi yang perlu dilakukan adalah menggunakan copywriting dengan tulisan teknik storytelling, sehingga lebih efektif dan konsumen akan merasa lebih nyaman sehingga mudah di follow up dan melakukan call to action pembelian produk. Seperti halnya, penempatan konten yang tak boleh sembarangan, mengatur penempatan konten hingga memberikan keterangan yang lengkap. Gunakan button call to action melalui platform Alvarium pun dapat memudahkan konsumen untuk bertanya mengenai produk yang diinginkan.

Berikut adalah 4 cara copywriting untuk bisnis online ala Alvarium. Jadi, kamu gaperlu lagi bingung bagaimana harus memulai tulisan untuk bisnis online yang kamu jalankan. Lakukan teknik AIDA untuk menarik konsumen dan memberikan kepuasan konsumen melalui tulisan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun