Mohon tunggu...
CommStride
CommStride Mohon Tunggu... Hi!

Annual campaign from Communications student of President University. Present with the latest issues every year, so don't forget to follow us on social media: Instagram: @commstride Twitter: @commstride

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Empat Cara Mudah Jaga Kesehatan di Masa Pandemi

3 Maret 2021   18:44 Diperbarui: 3 Maret 2021   19:05 61 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Empat Cara Mudah Jaga Kesehatan di Masa Pandemi
via klikdokter.com

Selama pandemi, kita diharuskan untuk tetap di rumah agar terhindar dari penularan virus yang sedang mewabah ini. Hal itu, tentu saja membuat membuat ruang gerak kita terbatas untuk melakukan aktivitas. Namun, bukan berarti kita menjadi malas menjaga pola hidup sehat.

Banyak cara agar kita tetap bisa menjaga Kesehatan dalam kondisi seperti ini, seperti yang dikutip dari laman halodoc.com, menjaga pola hidup sehat tidak hanya dengan berolahraga, tetapi bagimana kita meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dalam Kesehatan.

Kebanyakan orang, beranggapan bahwa menjaga pola hidup sehat merupakan hal yang sulit dilakukan. Nyatanya, menjaga pola hidup sehat bisa dimulai dengan hal yang sederhana. 

Sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat dimasa pandemi, Program Studi Ilmu Komunikasi President University mengadakan acara CommStride dengan topik Kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, berikut adalah 4M yang dicanangkan oleh Commstride sebagai tips menjaga pola hidup sehat:

Mengatur Jam Tidur

Istirahat merupakan hal yang paling utama dalam menjaga Kesehatan. Jika kita kurang tidur, maka tubuh kita akan semakin berat menjalani aktivitas sehari hari. Menurut para ahli, waktu tidur yang bisa dikatakan berkualitas adalah Ketika kita tidur selama 6-8 jam perhari. Namun, banyak orang yang mengabaikan hal ini dan memiliki waktu tidur yang tidak teratur. Jadi, mulailah mengatur jam tidur sebagai awal menjaga pola hidup sehat.

Minum air putih yang cukup

Bagi Sebagian orang, meminum air putih bukanlah suatu kebiasaan. Pasalnya, masih banyak yang tidak menyadari pentingnya air putih bagi Kesehatan tubuh. Melansir pada heatlhline, sebanyak 60% dari tubuh kita terdiri dari cairan. Sehingga kita membutuhkan banyak air untuk membantu proses pencernaan serta mempertahankan suhu tubuh.

Seperti yang kita ketahui, banyak yang menganjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara 1,5 liter sehari. Ternyata, tidak semua orang mempunyai kebutuhan cairan yang sama. Menurut Institute of Medicine's Food and Nutrition Broad, wanita membutuhkan sebanyak 9 gelas atau 2,7 liter, sedangkan pria membutuhkan 13 gelas atau 3,7 liter perharinya. Oleh sebab itu, kita perlu mengonsumsi air putih yang cukup sebagai daya tahan tubuh.

Meditasi

Melakukan meditasi di rumah, mungkin salah satu solusi yang tepat untuk reklasasi dimasa pandemi ini. Selain mengisi waktu kosong di rumah, meditasi berguna untuk menenangkan pikiran akibat stress terlalu lama isolasi di rumah. Dilansir dari pijarpsikologi.org, meditasi bukan hanya sekedar menenangkan pikiran saja, namun melatih kita untuk menerima dengan keadaan yang sekarang sedang dialami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN