Mohon tunggu...
CommStride
CommStride Mohon Tunggu... Hi!

Annual campaign from Communications student of President University. Present with the latest issues every year, so don't forget to follow us on social media: Instagram: @commstride Twitter: @commstride

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mulai Gaya Hidup Sehat Bersama CommStride 2021

26 Februari 2021   19:31 Diperbarui: 26 Februari 2021   19:36 63 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mulai Gaya Hidup Sehat Bersama CommStride 2021
via proteina.co.id

Seiring dengan terus bertambahnya angka kasus penyebaran Virus Corona di Indonesia, gaya hidup sehat juga mulai digemari oleh masyarakat, karena dirasa mampu menjadi tameng terhadap virus, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam memproduksi antibodi yang kuat.

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, dilansir melalui website nya, Hidup Sehat adalah keadaan bebas dari semua masalah jasmani (fisik) ataupun masalah mental. Hidup sehat juga diartikan sebagai kualitas hidup yang baik, secara fisik dan psikis, tanpa ada masalah kesehatan sedikitpun.

Penerapan Gaya Hidup Sehat
Menerapkan gaya hidup sehat juga menjadi hal yang paling penting, pasalnya menurut World Health Organization (WHO), pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor risiko kesehatan global yang utama.
Menentukan pilihan gaya hidup sehat yang tepat tentu perlu disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, kemampuan fisik, dan kondisi kesehatan. Karena masing-masing tubuh memiliki proses metabolisme yang berbeda.

Oleh karena itu, untuk mendukung upaya terwujudnya penerapan gaya hidup sehat di tengah masyarakat, acara tahunan Program Studi Ilmu Komunikasi President University, CommStride, tahun ini akan mengangkat serta menjadikan kesehatan fisik dan mental sebagai topik utama sekaligus tema besar acara.
Berikut sejumlah cara sederhana untuk memulai penerapan pola hidup sehat secara fisik maupun mental ala Commstride:

Mengoptimalkan Kesehatan Fisik

Makan sehat dengan gizi seimbang merupakan cara sederhana yang langsung bisa diterapkan setiap hari. Hal ini sangat penting, supaya tubuh dapat tumbuh, berkembang, serta menjalankan fungsi metabolisme secara maksimal. Tidak hanya itu, cara pengolahan makanan pun menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, agar tidak merusak zat gizi di dalamnya, sehingga makanan yang dikonsusmi tetap memberi manfaat baik.

Selain memperhatikan asupan makanan, olahraga dan kegiatan fisik juga menjadi hal sederhana yang penting untuk dilakukan, namun menjadi sulit untuk dijadikan kebiasaan. Padahal, dengan olahraga yang benar dan jika dilakukan dengan konsisten, olahraga sederhanapun dapat membantu melancarkan peredaran darah, serta menguatkan otot dan tulang.
Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga dengan durasi minimal 150 menit dalam sepekan. Olahraga juga sebaiknya dilakukan sesuai kebutuhan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Mengoptimalkan Kesehatan Mental

Kesehatan mental juga mengambil peran sangat penting dalam mengoptimalkan terwujudnya gaya hidup sehat. Mengelola stres dengan baik bisa menjadi hal sederhana yang sangat mempengaruhi kesehatan mental. Saat mengalami stres tubuh akan mengalami gejala fisik seperti sakit kepala, sakit perut, peningkatan tekanan darah tinggi, dada terasa sakit, hingga sulit tidur.

Dilansir dari halodoc.com, menyediakan waktu bersantai, istirahat cukup dan melakukan hal yang kamu senangi ternyata dapat membantu memberi efek relaksasi. Beberapa hal, seperti yoga atau meditasi, juga bisa dilakukan untuk menghindari efek stres berlebih.

Menjalani gaya hidup sehat bukan hanya sekadar mencegah penyakit, namun juga menjaga kesehatan fisik, mental, dan sosial. Terlebih lagi, selain memberikan manfaat untuk diri sendiri, gaya hidup sehat yang kita terapkan bisa menular ke orang-orang di sekitar kita.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x