Mohon tunggu...
Juli Nugroho
Juli Nugroho Mohon Tunggu... Konsultan - Brand-Marketing-Service Excellence Professional.

Penggiat Literasi "AyoGemar Membaca". Penggiat Pelatihan PramugariCerdasAcademy Penggiat UMKM MitraSahabatBisnis

Selanjutnya

Tutup

Money

The Gold Standard

18 September 2015   14:37 Diperbarui: 18 September 2015   14:40 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Membaca buku Gold Standard yang ditulis oleh Jospeh A Michelli sungguh menarik, karena dibuku itu, ditunjukkan bahwa dengan menjalankan visi dan misi perusahaan secara serius dan penuh komitmen, Ritz Carlton dapat membuat diferensiasi yang nyata dan sulit dipatahkan oleh competitor dan bahkan membawa jaringan hotel mewah ini sebagai salah satu Hoter terbaik dunia.

Ritz Carlton memiliki apa yang disebut sebagai “Gold Standards” yang menjadi pondasi yang memberikan arah perusahaan dalam perilaku sumberdaya manusianya dan juga dalam kegiatan operasionalnya. Gold Standard secara detil dijabarkan dalam beberapa komponen seperti :
1. The Credo
2. The Motto
3. The Three Steps of Service
4. Service Values
5. The 6th Diamond
6. The Employee Promise

Butir butir “Service Value” yang saya tampilkan ini mengingatkan saya pada butir butir P4 (Pedoman Pengamalan dan Penghayatan Pancasila ) pada masa orde baru yang juga menjadi panduan perilaku Bangsa Indonesia yang sayangnya tidak dijalankan secara serius dan penuh komitmen.

Melalui Gold Standard ini, para karyawan sangat termotivasi, bangga pada pekerjaannya dan bekerja dengan sepenuh hati dan sebagai hasilnya pelayanan yang diberikan oleh mereka memberikan decak kagum bagi para pengguna jasanya. Banyak kisah dari mulut ke mulut yang menceritakan berbagai kejutan yang diterima para tamu dengan cara yang tidak terduga. Ada satu kutipan menarik di buku ini yang menuliskan sebagai berikut : “The answer is yes!—now what’s your question?”. Jadi para staf dan management Ritz Carlton selalu memiliki “Can Do” attitude yang selalu ingin dan siap membantu para tamu tamunya. Sudah saatnya mental seperti ini kita aplikasikan di tempat kerja kita.

Intinya kalau kita percaya pada visi dan misi perusahaan, menjabarkan secara detil dan menjalankan dengan penuh konsekuensi, bisa membawa perusahaan kita ke arah yang tidak terkalahkan. Nah sudahkah anda memiliki Visi dan Misi Perusahaan yang dijalankan dengan penuh komitmen ?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun