Mohon tunggu...
Cnada Dutaryan
Cnada Dutaryan Mohon Tunggu... Artikel

Mahasiswi Universitas Indraprasta PGRI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Karakter di Lingkungan Masyarakat

24 Juni 2021   11:20 Diperbarui: 24 Juni 2021   11:40 121 1 0 Mohon Tunggu...

Masyarakat merupakan mahluk sosial yang memiliki berbagai macam karakteristik sesuai dengan kebudayaan di setiap lingkungan masyarakat tersebut. Karakter dapat mudah terbentuk ketika sesorang berada di suatu lingkungan yang tetap secara berkala. Lingkungan yang baik akan membawa pengaruh baik pada karakter seseorang, sedangkan lingkungan yang tidak baik atau negatif akan mengakibatkan terciptanya suatu karakter yang tidak baik pula pada diri seseorang tersebut.  

Fenomena sosial yang berkembang saat ini menjadi urgensi untuk masyarakat, berbagai kasus seperti pembunuhan, narkoba, korupsi, dan lainnya. Hal ini akibat kurang kuatnya pembentukan karakter sejak dini. Menurut Asriadi (2019) Kebiasaan yang dilakukan sehari – hari yang berlangsung begitu saja tanpa di sadari bahwa itu akan mempengaruhi kehidupan kita kedepannya. Sehingga akan berpengaruh terhadap karakter yang ada dalam diri setiap orang. 

Karena itulah lingkungan begitu berpengaruh terhadap karakter dari setiap orang, karakter yang sudah terbentuk dari kecil atau anak – anak akan cukup sulit untuk mengubahnya karena sudah mendarah daging sehingga di perlukan waktu dan kerja keras untuk mengubahnya. Pendampingan dari masyarakat sangat perlu adanya sebagai dukungan kepada setiap orang yang sudah memiliki karakter yang baik. 

Pembentukan karakter seseorang tidak serta merta diperoleh dari lingkungan adanya faktor dalam diri sendiri yang menjadikan pembentukan karakter seseorang semakin kuat. Ada dua faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter, yaitu bawaan dari dalam diri anak dan pandangan anak terhadap dunia yang dimilikinya, seperti pengetahuan, pengalaman, prinsip – prinsip moral yang diterima, bimbingan, pengarahan dan interaksi (hubungan) orang tua - anak. 

Karakter seseorang yang dibentuk dari pandangannya terhadap dunia yang dimilikinya menjadikan seseorang tersebut terus beracuan dengan kehidupan yang telah diterimanya, kebiasaan ini menjadikan seseorang terkadang menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi. Sehingga dapat berakibat pada depresi dan menimbulkan karakter yang negatif. Sebab itu sangat penting memberikan pandangan tentang kehidupan terhadap seseorang di lingkungannya. 

Bawaan dari dalam diri atau yang sering kita kenal sebagai kepribadian merupakan salah satu faktor  yang menjadikan karakter baik atau buruk, hal tersebut kemudian harus melalui tahap pembelajaran yang positif sehingga seseorang dapat memilliki kepribadian yang baik. Kepribadian dapat menunjukan sikap buruk ketika seseorang tersebut tidak dapat membentengi diri dari pengaruh negatif dari lingkungan. Pentingnya pengaruh teman teman sekitar juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Hal tersebut demikian dibutuhkannya peran keluarga untuk memperhatikan seorang anak bergaul di lingkungannya.

Ada pepatah mengatakan jika kita berteman dengan penjual minyak wangi maka kita ikut berbau wangi, namun jika kita berteman dengan penjual arak maka akan ikut berbau arak. Begitulah pentingnya memilih lingkungan untuk pembentukan karakter seseorang.
   
Sumber :
Asriadi,Y., 2019, Lingkungan sangat mempengaruhi karakter kita, dutatv.com
Dewita,A., 2019, Bagaimana Membentuk Karakter Anak?, uddikmassumbar.kemendikbud.co.id

VIDEO PILIHAN