Mohon tunggu...
aldridge christian seubelan
aldridge christian seubelan Mohon Tunggu... Blogger dan Marketeers

Aldridge Christian Seubelan, yang biasa dikenal dengan panggilan AL adalah seorang brand dan digital marketers. Ia merupakan mahasiswa dari jurusan teknik komputer / sistem komputer di Universitas Bina Nusantara. Saat ini bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi swasta di Indonesia sebagai Digital Marketing dan juga menulis artikel blog seputar dunia marketing

Selanjutnya

Tutup

Digital

Jenis Karakter Engagement TikTok Users dan Bagaimana Mengukurnya?

18 Januari 2021   23:28 Diperbarui: 18 Januari 2021   23:30 111 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jenis Karakter Engagement TikTok Users dan Bagaimana Mengukurnya?
perilaku TikTok user berdasarkan engagement-nya, from TikTok Engagers 

Jika di breakdown lagi karakter user TikTok, beberapa action yang mereka lakukan adalah : 

Kalau kita masuk ke trend kreatif TikTok, bisa dikatakan TikTok Trend di Luar negeri dan di Indonesia mempunya karakter yang berbeda-beda. Berikut beberapa sampel trend hashtag:

TikTok Trends di Luar : #chaoticenergy (achieve 538,2M views) dimana para creator membuat perpaduan video humour, relatability, dan interactivity yang bertemakan MEME situasi yang chaos bahasa kerennya chaotic energy.

TikTok Trends Indo : #bagaikanlangit (achieve 167,4M views) , dengan menggunakan sound Bagaikan Langit --- Potret dan efek Face Expression bisa menggaet netijen Indonesia bahkan sampai Netijen luar negeri sekelas Howie Mandel

Any Category : seperti Pet, Travel, Cook, Prank, Comedy, Freestyle Performance , Art dan hal kreatif yang lainnya (bisa kepoin di explore TikTok ya)

setelah mengenal konten yang menjadi trending di TikTok, mari kita eksplor kira-kira content apa yang cocok dan bisa menjadi Engaging Content bahkan menjadi "trendmark" / "viral" content Brand kita.

  1. ) Content yang kita produce tidak harus melulu hard-selling, tapi bagaimakan kita bisa menceritakan emotional brand kita secara fun dan informatif di konten tersebut
  2. ) Riding the trends , ini salah satu quick action agar audience bisa melihat kita dan terkesannya brand kita kekinian lho
  3. ) Utilize Button Function TikTok untuk membuat TikTok yang Unik seperti Love, Comment, Share , dan Profile
  4. ) Buat content yang mudah orang tiru, yang entertaining, yang ringan, mudah untuk dijadikan duet, dan relate ke user TikTok
  5. ) Tetap terus konsisten dan explor setiap content yang kita buat (trial and error) karena semua brand maupun content creator juga sedang explor ini jadi mumpung belum terlambat kan . hehehe

Untuk brand yang ingin melakukan Investment di TikTok adalah beberapa type of paid Partnership :

  • Brand Hashtag Challenge : brand melakukan challenge dimana bisa membuat effect, memasukan lagu , dan ada beberapa bundling package lainnya contoh #KuotaAntiWasWas (smartfren hashtag Challenge)
  • Brand Takeover : ini yang muncul di halaman depan
  • Brand infeed video : ini yang suka muncul di explore kita
  • Influencer Partnership : kolaborasi dengan SelebTikTok

Dan yang terakhir "how to measure" our content?

  • in Apps Analytic : TikTok sudah menyediakan fitur Analytic yang bisa membaca Growth Views, Growth Followers, Profile Views & Profiling --- Behaviors Followers kamu
  • Third Party Tools : ada beberapa tools yang free bisa kamu gunakan untuk measure konten kamu seperti https://socialblade.com/ dan https://analisa.io/

benchmark engagement rate TikTok - from TikTok Engagers 
benchmark engagement rate TikTok - from TikTok Engagers 

yuk saya mengajak brand owner & young content creator untuk berkarya yang positif dan edukatif di TikTok, sampai jumpa di #ceritabrand selanjutnya , See You

Let's spread positive value through your Brand Campaign #ceritabrand

VIDEO PILIHAN