Mohon tunggu...
Clarizha Nabilla
Clarizha Nabilla Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

punya cita-cita pengen jadi astronot.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sempat Menjabat Sebagai Wakil Ketua PCIA, Mahasiswi Al-Azhar Mesir Ikut Semarakkan Muktamar Ke-48

7 Desember 2022   11:24 Diperbarui: 7 Desember 2022   11:40 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ainun Jariyah seorang mahasisiwi lulusan Al-Azhar Mesir yang aktif dalam PCIM Mesir. Dok : Clarizha Nabilla (18/11)

Surakarta - Muktamar menjadi sarana untuk merapatkan barisan, menyatukan tujuan dan menyegarkan semangat para anggota Muhammadiyah dalam membangun masyarakat di sekitar bangsa hingga dunia. Berasal dari Kota Madura dengan berbekal segudang pengalaman, Ainun Jariyah seorang mahasisiwi yang mengemban ilmu di negara terbesar di Arab, ikut semarakkan Muktamar Fair ke-48 yang dilaksanakan pada 17-20 November 2022 yang bertempat di De Tjolomadoe. 

Sebagai mahasiswi lulusan Al-Azhar Mesir, ia aktif dalam kesatuan anggota Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Cairo Mesir. PCIM adalah kesatuan anggota Muhammadiyah dan simpatisan yang berkedudukan di kota atau negara di luar negara Republik Indonesia yang ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. PCIM Cairo Mesir bergerak dibidang amal usaha dan pendidikan. Memiliki TK ABA pertama di luar negeri dan sebuah penginapan, selain itu keanggotannya adalah mahasiswa yang sedang mengemban ilmu di sana.

Ia juga aktif dalam pendidikan kader dan kajian-kajian pembelajaran lancar kuliah, serta ikut menjadi penggembira dalam Muktamar Fair PCIM Cairo Mesir di solo.

"Mahasiswa Al-Azhar, lalu aktif di PCIM, nah kebetulan sekarang sudah kembali, sudah selesai belajarnya, jadi sudah kembali menetap di Indonesia, " ujar Ainun Jariyah, Jumat (18/11).

Aktif dalam keanggotaan PCIM membuat Ainun memiliki segudang pengalaman yang dapat menjadi inspirasi bagi kalangan mahasiswa yang sedang mengemban ilmu di negeri luar. Ia pernah menjabat sebagai guru TK ABA dan menjadi wakil ketua PCIA.

"untuk sekarang karena saya sudah kembali ke Indonesia, jadi tidak menjabat, tetapi pernah menjadi guru TK ABA, pernah jadi ketua wakil PCIA," imbuhnya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Ia berharap dengan ikut menggembirakan PCIM dalam Muktamar Fair dapat membuat PCIM lebih dikenal masyarakat dan khususnya warga Muhammadiyah jadi mengetahui bahwa PCIM tidak hanya ada di Indonesia.

"Harapannya agar PCIM lebih dikenal masyarakat, bahwasanya agar umumnya  dan khususnya untuk warga Muhammadiyah jadi tahu bahwasanya PCIM itu tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi di luar negeri kita juga bergerak, yaitu penggeraknya adalah mahasiswa-mahasiwa yang ada di sana, " imbuhnya,

Ia mengatakan, untuk persiapan mengikuti Muktamar Fair ini dari temen-temen yang waktu itu masih ada di Mesir, jadi untuk karya-karyanya juga dari Mesir, seperti karya majalan Sinar terbitan PCIM, kajian fikih wanita terbitan PCIA, dan ada kaus juga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun