Mohon tunggu...
Clarisa DwiHanita
Clarisa DwiHanita Mohon Tunggu... Mahasiswi

Terus melangkah

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Brunei Darussalam Sebagai Negara Petro Dolar

18 Juni 2021   05:50 Diperbarui: 18 Juni 2021   05:51 165 3 0 Mohon Tunggu...

Negara yang dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah, mendapat julukan sebagai negara Petro Dolar. Bukan hanya julukan negaranya yang menarik, seluruh  kekayaan milik pemimpinnya pun cukup mencengangkan karena 50 kali lipat dari kekayaan Ratu Elizabeth II. 

Perekonomian Brunei sangatlah hebat negara ini memiliki sistem perekonomian yang baik, maka dari itu Brunei termasuk jajaran negara terkaya di Dunia dan negara Terkaya di wilayah Asia Tenggara.

Walaupun wilayahnya yang tidak luas, jika dikomparasikan dengan wilayah kota di Indonesia hanya seluat Kabupaten Banyuwangi. Namun hasil kekayaan alamnya tidak diragukan lagi, yaitu dengan penghasil minyak bumi dan gas alam. 

Pendapatan Produk Domestic Bruto (PDB) selalu lebih besar daripada pengeluaranya, selain itu pendapatan perkapita atau per Individu Brunei sangat bisa mensejahterakan masyarakat Brunei. Bagaimana sobat apakah di negri kita Indonesia sudah mensejahterakan seluruh masyarakatnya belum? 

Bukan saja sebagai julukan negara terkaya, tapi Brunei mampu melakukan perwujudan dengan mensejahterakan masyarakatnya. Karena Brunei menjalankan kebijakan dengan memberikan banyak pelayanan gratis. Seperti layanan pendidikan gratis, layanan kesehatan gratis, serta memberikan subsidi perumahan dan beras kepada masyarakatnya.

Terdapat 3 keunikan dari negara Brunei

1. Negara dengan angka harapan hidup tinggi

Sesuai dengan namanya Brunei Darussalam mengandung arti "Adobe of Peaces" atau "tempat tinggal yang damai" hal itu terbukti dengan  tingkat harapan hidup mencapai rata0rata 75.93 pada tahun 2020

2. Negara yang tidak memperbolehkan pengonsumsian alkohol

Karena negara Brunei akan sistem penerapan agama islam sehingga negara ini tak memperbolehkan alkohol dijual bebas di pasaran

3. Rendahnya tingkat kriminalitas

Karena pensejahteraan pemeritah terhadap rakyatnya membuat masyarakat pun tidak tersiksa terhadap taraf kehidupannya. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x