Mohon tunggu...
claiy
claiy Mohon Tunggu... amazing grace

senang baca,denger musik dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Novel

Kota Titan

14 September 2020   22:57 Diperbarui: 21 September 2020   23:11 13 0 0 Mohon Tunggu...

"Apakah kita menyadari hidup di dalam matriks ? Apakah kita bisa keluar dari matriks ?" itu pertanyaanku ketika menyadarinya. 

Di Kota Titan ini dulu merupakan negara kepulauan yang katanya kaya akan hasil alamnya.Sekarang hanya ada 1 pulau yang tersisa karena bencana alam mengerikan yang terjadi 50 tahun yang lalu.Apa yang sekarang tersisa adalah pemandangan yang ganjil di bagian barat bernama kota titan dan di bagian timur kota terakota.Kedua kota ini terpisah tembok yang sangat tinggi hingga mustahil manusia bisa melewatinya.Di terakota aku lahir dan hidup dengan sengsara karena penduduknya hanya makan dari sisa makanan kota titan.Susah untuk mencari makanan yang baru di sini.Setiap hari ada sebuah lubang raksasa dari tembok yang akan mengeluarkan berbagai makanan.Kalau kita beruntung dapat sisa yang bagus kadang ada yang busuk pernah aku dapat tetapi karena lapar akhirnya dimakan juga.Tiba-tiba lamunanku buyar oleh panggilan orang tuaku."Andi,kemana saja kamu ayo bantu ibumu untuk mengambil makanan" lalu akupun ke tempat ibuku "ma,apa yang perlu kubantu ?" " Andi,ayo bantu ibu antri untuk mendapatkan makanan,karena jatah makanan ini diberi hanya setengahnya mulai hari ini entah sampai kapan oleh satuan polisi sila". Dalam hati sial banget udah sisa makanan dapat setengahnya  pula.Kenapa orang-orang goblok terakota ini masih mau hidup sampai hari ini.Apa bagusnya hidup menderita seperti ini hanya jadi budak penduduk titan.Kemudian aku teringat seorang bijak dari terakota bernama Agung berkata "Manusia hidup bukan dari makanan saja tetapi dari iman pada Tuhan hingga kita bisa kuat menghadapi ini semua"

Setelah selesai mendapatkan jatah makanan ,aku diajak temanku untuk bermain games online.Sedang orang tuaku kembali bekerja di pabrik pengolahan sampah karena sampah menjadi masalah bagi kota titan maupun kota terakota.Kota terakota hanya khusus mengurus sampah jadi hanya ada satu pekerjaan di kota ini jadi buruh pabrik jangan mengharapkan yang lainnya.Pekerjaan di kota ini begitu berat dari jam 7 pagi mulai sampai jam 9 malam.Anak-anak seusiaku 14 tahun harus siap-siap kerja tahun depan.Dali temanku berkata "di,kamu siap kerja tahun depan" ,aku menjawab seadanya "ya siap ga siap harus siap hidup kita di sini hanya jadi buruh,ayo jangan pikirkan li mending main games mobile heroes aja.Di sini pelipur lara aku dan teman-temanku hanya main games online ini saja karena di sini kita bisa bermain lebih dari 50 orang sekaligus.1 team berisi 25 orang dengan melawan 25 orang lainnya.Yang menarik dari games ini kita bikin suatu peradaban di mana teman-teman kita akan menjadi jendral dan setelah itu saling menyerang melawan peradaban kota lain.Apakah setelah itu menang ternyata tidak karena setelah itu kita saling serang antara teman-teman kita yang sisa 25 orang itu dan sisanya hanya satu.itulah makanya selama 1 taun ini games belum tamat tinggal 5 orang yang tersisa.Pencipta games ini ternyata orang Titan.Games ini ada sejak 10 tahun yang lalu dan selalu menarik untuk dimainkan.Karena anak anak terakota hanya belajar lewat online dari rumah masing masing setelah pandemi yang mengerikan sebelum bencana 50 tahun yang lalu.

Jack ayahku selalu berkata "Nak yang terpenting kau bisa membedakan plastik,makanan,kabel dll karena itu yang akan kau lakukan ketika kerja,Seperti ayah hanya memilah sampah plastik,makanan busuk,kabel dan lain2 seperti semua orang di terakota.Baca,tulis dan hitung tidak berguna di kota ini".Ketika malam sudah lewat kami berkumpul di rumah kami yang kadang aku sering lihat sebagai bangunan beton setengah jadi karena terakota hanya semacam komplek apartemen setengah jadi yang mungkin dahulu sempat dibuat sebelum bencana besar itu datang tetapi akhirnya seperti ini.Komplek-komplek ini dihuni oleh penduduk terakota dan hanya pabrik pengolahan sampah yang memang layak disebut sebagai bangunan sempurna ,di situ mesin-mesin sudah bisa memproses sampah menjadi sebagian energi,sebagian lagi menjadi bahan baku untuk produksi dan sebagian lagi menjadi pupuk.Energi itu untuk menopang terakota selain cadangan energi matahari.Sedangkan bahan baku dan pupuk semua dikirim kembali ke kota titan.

"Wendy,apakah anak kita andi akan sama seperti kita tanpa harapan dan masa depan?" seru jack ketika mereka siap siap tidur.Wendy hanya berkata "Jack,ini hanya nasib ingat omongan Agung kan ? "Kita tidak bisa melawan takdir kita ditambah banyak orang selain kita pun anak-anaknya bernasib sama.Ayo kita tidur besok pagi kita kerja lagi"

Ketika pagi mulai menyingsing jack dan wendy bersiap-siap untuk melakukan rutinitas pekerjaan mereka.Jack ke pabrik bagian khusus pengolahan limbah sampah kabel dan elektronik sedang wendy ke bagian makanan busuk.Jack seperti biasa berbicara dengan teman-temannya sambil memilah milah sampah.Karena sangking terbiasanya tangan bekerja dan mulut berbicara.Di Pabrik tidak ada mandor ataupun pengawas semuanya hanya ada robot pengawas dan rekaman kameran pengawas pabrik di semua titik-titik di tiap sudut pabrik."Jack,bagaimana kemaren kau nonton berita bahwa setelah 50 tahun ada perubahan pada terakota" ,Jack merengut "Apa maksudmu bill?" , neil menimpali "Kota Titan akhirnya memutuskan untuk membuat aturan baru bahwa mulai sekarang setiap orang yang bekerja keras dan hasilnya memuaskan mendapat point.Tetapi kalau tidak konstan maka point itu akan berkurang yang mencapai 100.000 point maka dia berhak hidup di kota titan." "Lalu bagaimana dengan keluarganya Neil?"  seru jack.Bill menimpali "hanya 1 orang saja dan itu tidak termasuk keluarganya,kecuali jika mewariskan point tersebut ke anggota keluarga mereka." hati jack berkata itu hanya omong kosong saja jika keluar dari neraka ini ke neraka lain tanpa istri dan anaknya.Jack teringat sebelum ibunya meninggalkan dunia ini,dia selalu bercerita bahwa dulu tidak seperti ini.Semuanya bisa hidup dengan sama-sama mendapatkan hidup yang layak karena sistem demokrasi yang dianut negeri ini.Tetapi ketika bencana itu datang di seluruh dunia hanya beberapa pulau yang tersisa tersebar di mana mana.Salah satunya pulau ini yang disebut sebagai pulau permata.Akhirnya kaum super kaya di beberapa pulau yang tersebar dengan teknologi dan data yang dikuasai mereka, menciptakan dunia yang baru.Di sini tidak lagi yang ada namanya pemerintahan karena masa lalu baik teokrasi,demokrasi sampai komunisme tidak bisa menjadi solusi malah menjadi wabah korupsi di mana mana.Kaum elite super kaya ini menamakan diri mereka Ordo .Seperti di Kota Titan ada 3 Ordo yang berkuasa yang mengatur semuanya dari tata kota sampai keuangan.itulah yang  ibu selalu ceritakan padaku kenang jack.

Wendy melamun mengenai omongan temannya tentang point,kota titan dan keluar dari neraka ini.Kenapa dia hidup di zaman yang tidak adil ini,tidak ada gairah dalam hidup wendy karena semua yang diterima orang orang terakota hanya sisa mulai makanan,pakaian sampai pakaian dalam pun hanya sisa buangan.Dia melihat kota titan hanya dari acara televisi doang dan dia melihat kota Titan seperti surga baginya.Makanan baru dimasak,pakaian baru semuanya serba baru.Tiba-tiba lamunannya buyar oleh temannya "hei awas robot itu melihat terus ke arahmu".wenddy pun tiba tiba bergerak dengan malas dan ogah-ogahan karena jika dia hanya diam maka robot itu akan memasukannya ke ruang isolasi selama 1 hari penuh tanpa makanan dan wc untuk buang hajat.ruang isolasi itu baunya minta ampun karena sengaja dibiarkan seperti itu dan gelap gulita."Aku pernah masuk ke situ dan rasanya menjijikan" kenang wendy.Wendy selalu merasa bahwa dia salah dilahirkan harusnya dia lahir di kota titan.Semuanya begitu monoton tapi dia melihat teman-temannya bahagia saja dan itu membuat dia aneh.Pernah suatu ketika temannya sisy berkata "wen kenapa melihat mukamu selalu sumpek kaya ga ada harapan buat hidup" ,"yah,aku merasa hidupku tidak berarti,kerja dari 1 tahun hanya diberikan libur 3 hari  akhir taun dan awal taun.kamu emang ga merasa lelah hidup banting tulang tapi kita ga dibayar apa-apa hanya diberikan makanan sisa,baju bekas?" wendy membalas dengan ketus.Sepanjang tahun selalu sama dan kita mau kerja keras mau kerja nyantai toh hanya menyambung hidup sehari ke sehari.

Aku bermain dengan dali dan ketiga temanku clara,kael dan bella.Kami berlima sedari kecil selalu bersama karena tinggal di komplek apartemen yang sama.Orang tua kami pun saling mengenal satu sama lain walau tidak berteman baik seperti kami berlima.Ketika itu aku bercerita bahwa berita dari kta titan itu sangat besar dampaknya karena semua orang ingin hidup di kota itu.Kita hanya melihat kota titan dari internet di hp dan tv kabel yang ada di rumah.Di situ ada satu menara besar bernama Fuller.Bangunan itu sangat tinggi dan di atas menara itu dibangun kubah geodesik yang sekilas rumit tetapi jika dilihat secara keseluruhan sangat futuristik.Menara itu pusat dari kota Titan.Kadang aku berserta teman-temanku berangan-angan ingin melihat menara itu secara langsung.Anak-anak seumur kami di terakota hanya belajar daring di rumah masing-masing selama 5 jam sesuah itu waktu bebas.Di situ tidak ada manusia yang mengajar tetapi hanya suara dan gambar yang muncul silih berganti.Aku dan teman-temanku mengikutinya karena itu wajib karena muka kita dipindai melalui kotak khusus di depan tv kabel tersebut sebagai absensi dan selama pelajaran berlangsung.Tapi kadang aku berpikir ngapain juga belajar dengan mesin yang tidak mau tau kita bisa atau engga yang penting mesin itu sudah mengerjakan tugasnya.Itu sesuatu yang sangat absurd dan gila karena ujung-ujungnya semua yang kita pelajari pun tidak ada gunanya karena berakhir jadi buruh.suatu ketika bela bilang"di,kenapa iya aku merasa hampa hidup di sini?" aku berkata"bel,semua orang termasuk orang tua kita pasti merasakan yang sama seperti kamu.coba kamu pikir kita ini disebut manusia bukan disebut mesin pun bukan?" dali menimpali "bener di,sebenernya tugas kita pun suatu saat atau hari ini pun bisa digantikan oleh robot-robot pengawas itu.Kadang aku berpikir orangorang terakota kenapa masih dibiarkan hidup?" "kalian semua terlalu pesimis dalam hidup ini,apalagi kau andi yang terlalu serius dan mengandalkan logika.setidaknya kita bersyukur masih bisa hidup ,pasti ada tujuan kenapa kita masih hidup saat ini"timpal clara yang selalu optimis.Kael yang kerjanya selalu ikut ikutan cuma bilang betul,iya pada setiap orang yang berkata seolah olah dia tidak mempunyai pendapat sendiri.

Suatu saat aku dan teman-temanku bermain menggunakan semacam sepeda yang hanya perlu digas oleh tangan,sepeda itu mempunyai cadangan batere dari matahari yang terus diisi  ketika dipakai atau tidak oleh kita.kita bermain sampai di kawasan terluar pabrik dan mendekati zona terlarang konon di sana hidup pemberontak-pemberontak yang sudah muak dengan kehidupan yang monoton ini.Kami hanya berani sampai sini kemudian berbalik arah pulang,sebenernya kami ingin melihat seperti apa sih di luar sini karena kami dengar ada lautan yang luas.Tetapi lautan itu penuh dengan sampah-sampah plastik karena sampai saat ini pun masih butuh waktu lama untuk pembersihannya dan pemulihannya.sehingga tidak ada mahluk hidup yang muncul di sekitar pesisir laut sampai puluhan kilo meter jauhnya.Kalaupun ada itu hanya ikan-ikan yang sekarat karena memakan plastik.ironis memang ke laut pun ngapain.

Di sisi lain kota terbentang kota Titan,di sinilah semuanya ada.Terlihat seorang pria paruh baya sedang memandang dari kubah fuller ke sekelilingnya.Pria itu berperawakan tinggi dan terjaga tubuhnya.Dialah Surya sang penguasa kota Titan dari ordo phoenix.Surya melihat hasil karyanya dengan puas,dia selalu berpikir bahwa ini terjadi karena visi misinya.Sebelum bencana alam dan nuklir terjadi bersamaan di 50 tahun yang lalu Surya ketika itu masih 10 tahun.Dia dilahirkan dari keluarga yang terpandang,mempunyai kerajaaan bisnis dan juga mempunyai pengaruh di pemerintahan.Sedari kecilnya ayahnya Budiman dan ibunya Dewi selalu menggembleng surya menjadi yang terbaik.Dia tidak dimanja oleh kedua orang tuanya seperti pada umumnya anak keluarga konglomerat yang lain.Perasaan itu masih tertanam sampai sekarang,dia harus menjadi yang terbaik.Di saat ini ada 2 ordo lain di kota Titan yaitu ordo Crystal dan ordo Gates.Surya berpikir "Apakah langkahku tepat untuk memasukan orang terakota ke kota titan? Tapi aku menyadari penduduk kota ini sedang dalam krisis moral.".Di masa ini orang-orang Titan sudah terlalu dibuat manja oleh teknologi mukhtahir.Sekarang mereka bergantung pada tiap Artifisial intelegence / AI yang ditanam chip di tubuh mereka.AI itu beradaptasi dan unik hanya untuk satu orang saja.AI akan muncul di setiap media yang ada  yang dipunyai individu tersebut mulai dari jam ,kaca mata sampai kontak lens ,AI itu akan muncul sebagai bentuk virtual yang unik bagi tiap orang,Kadang AI akan mencarikan pasangan hidup yang tingkat kecocokannya mendekati 100%.AI pun kadang disuruh mengerjakan tugas2 kerjaan.Orang-orang Titan itu semakin lama semakin malas berpikir dan diserahkan semuanya pada AI mereka masing-masing.Tingkat kemalasannya berbanding lurus dengan berat badannya yang rata-rata obesitas tinggi karena jarang bergerak.Surya berpikir ini akan menjadi krisis yang parah jika tidak dihentikan sekarang.Oleh karena itu dia berunding dengan Queen pemimpin wanita dari ordo crystal dan Jaden dari Ordo Gates.Surya ingin agar ada kompetisi agar orang-orang yang hidup di kota Titan adalah orang-orang terbaik.Queen sempat berkata "Surya,jangan lupa dulunya mereka atau orang tua mereka adalah investor dari pembangunan kota Titan jika tidak ada dana dari mereka maka kota ini juga tidak akan ada." Jaden berkata"Surya mungkin benar bahwa semuanya perlu revitalisasi kembali,karena jika dibiarkan kita hanya melihat manusia yang hanya bergantung pada AI walau awalnya AI itu diciptakan untuk membantu manusia."Surya melihat mereka berdebat sengit sampai akhirnya dia berkata "Stop,ini keputusan final aku.Ingat bahwa orang-oraang terakota itu dulu orang-orang yang punya andil membangun kota Titan ini dan setelah semuanya selesai kita menjanjikan kota bagi mereka dengan syarat tembok yang tinggi itu pemisah kita dengan mereka." "Dari awal kita bertiga sepakat tidak ada pemerintahan,tidak ada agama karena itu tidak membawa kebaikan apa-apa bagi umat manusia.Tetapi ternyata kita melupakan efek samping dari AI yaitu kita bukan lagi tuan atas mereka tetapi kita menjadi budak mereka"sambung surya.Surya pun akhirnya memutuskan bahwa penduduk titan pun dikenakan point jika point kurang dari 100.000 makan dia akan diusir dari kota Titan,jika curang mendapatkan bantuan AI maka pointnya akan berkurang.Semua gerak gerik mereka diawasi drone di berbagai titik dan kamera pengawas di berbagai titik.

Zona Merah atau disebut juga XT-9 adalah tempat berkumpul para pemberontak yang menginginkan kemerdekaan untuk terakota.Mereka semua dulunya buruh pabrik yang sama seperti penduduk terakota. Pemimpin mereka bernama Agung yang menurut desas desus tadinya Orang Titan dan saudara kembar dari pemimpin ordo phoenix,Surya.Agung begitu kharismatik karena dia mampu memimpin kaum pemberontak yang jumlahnya ribuan orang.Tujuan para pemberontak ini yang menamakan kelompoknya Total Freedom yang disingkat TF adalah kemerdekaan terakota dari kota Titan.XT-9 sebenernya merupakan kawasan bunker yang tersebar di mana-mana sehingga prajurit Titan sulit untuk membasmi mereka.Perlawanan ini sudah berlangsung 40 tahun lamanya.Semula Agung dan anak buahnya hanya berjumlah 12 orang.Tetapi karena orang-orang terakota diajak oleh agung untuk ikut gerakan ini melalui pertemuan-pertemuan rahasia makin lama makin banyak yang tergerak untuk ikut gerakan ini.Agung sedang mengadakan rapat dengan para komandannya dia berkata "kawan-kawan selama ini bener apa yang aku prediksi bahwa kejatuhan Titan pasti terjadi dan ini saatnya tiba ketika berita itu muncul" ,Chester wakil dari Agung berkata "Saatnya akan tiba kita akan serang Titan habis-habisan,persenjataan yang kita punya cukup untuk melumpuhkan kota Titan" Semua mengiyakan,karena tujuan TF akan segera terwujud.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x