Mohon tunggu...
Citra Nurpadillah
Citra Nurpadillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Citrasm

Mahasiswa Sastra Indonesia dan Staf Marketing perusahaan fashion

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bersinergi dengan Dongeng, Melalui Kegaiatan PKM Mahasiswa Sastra Indonesia Unpam

1 Agustus 2022   20:30 Diperbarui: 1 Agustus 2022   20:37 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sabtu, 16 Juli 2022, kegiatan PKM (pengabdian kepada masyarakat) yang dilakukan oleh para mahasiswa Universitas Pamulang, Jurusan Sastra Indonesia dilakukan. Berbagai macam acara dilakukan dengan meriah, dan bermanfaat bagi para siswa-siswi yang ada disana. Kegiatan tersebut diadakan di SD Negeri Benda Baru 03, tepatnya dijalan Jl. Mendut Raya Jl. Borobudur Raya No.11, Benda Baru, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15415.

Mengulas sedikit mengenai PKM, pengabdian kepada masyarakat adalah salah satu program yang diwajibkan kepada mahasiswa yang ada di Universitas Pamulang untuk bermanfaat kepada masyarakat. Berbagai macam cara maupun acara dilakukan para mahasiswa Universitas Pamulang untuk bisa melakukan acara yang bermanfaat bagi yang lainnya dengan sebaik mungkin. 

Seperti salah satu prodi sastra jurusan sastra Indonesia, jurusan sastra Indonesia, tetap berfokus pada ciri khasnya yaitu memberikan akses mengenai sastra Indonesia, mulai dari mendongeng, berpantun, mengajar maupun hal lainnya. Hal itu tetap berfokus pada satu hal yaitu, memperkenalkan sastra Indonesia, dan memberikan akses yang mudah bagi masyarakat umum.

Berbicara mengenai PKM yang tim kami lakukan, dalam tim kami terdiri dari 10 orang yaitu sebagai berikut: 1. Alfiansyah, 2. Agum Friatna, 3. Citra Nurpadillah, 4. Rizky ilham, 5. Ryevira V Trorba, 6. Alma Fitriana, 7. Cindy Claudia Maretta, 8. Reka Adi Setia Ningrum, 9. Silmi Latifah, dan 10. Zahra Aulia Balqis. 

Dengan pembimbing Adam Muhammad Nur, S.S., M.Hum. yang telah membimbing kami dengan sangat baik dan tepat. Berbicara kelompok, kami dari 2 tim yang mengadakan kegiatan bersama. Kegiatan yang kami lakukan berfokus pada "Implementasi dan eksistensi dongeng pada siswa SD Negeri Benda Baru 03." 

Jika dilihat dari tema acara yang dibuat, dapat dilihat bahwa kegiatan ini berbicara mengenai dongeng, namun tidak hanya mengenai dongeng saja, tim kami memberikan pengertian dongeng, unsur, ciri, bentuk dongeng, dan kita juga mengadakan kegiatan mendongeng. 

Hal itu kami ingin sampaikan bahwa, dongeng adalah budaya yang perlu dilestarikan dengan baik, walaupun hanya melalui pembicaraan saat sedang bermain saja. karena menurut kami, jika sedari kecil, khususnya sd, yang kami harapkan adalah siswa-siswi tersebut memiliki pengetahuan yang cukup dan akan tertarik dengan dongeng yang sekaligus dipelajari di Sastra Indonesia.

Tidak hanya mengenai dongeng dan mendongeng, kegiatan ini kami lakukan dengan pembagian hadiah, foto bersama, pemberian piagam penghargaan, pemberian hasil foto, dan pemberian tanda terimakasih kepada pihak sekolah. Mengenai sekolah SD Negeri Benda Baru 03 ini, menurut kami sekolah yang meriah untuk dilakukan kegiatan yaitu para organisasi, kelompok, komunitas, maupun khususnya kepada para mahasiswa dimanapun berada. 

Karena dengan adanya simbiosis kegiatan kreatif yang dilakukan para orang-orang luar, memberikan motivasi bagi tumbuh kembang, dan cara belajar siswa-siswa dimanapun berada, khususnya SD Negeri Benda Baru 03 ini. 

Selain hal itu kami sangat berterimakasih kepada Bapak Sekolah SD Negeri Benda Baru 03, dan Ibu Yunita Fitri Nugraheni, S.Pd sebagai Wakil Kepala Kesiswaan yang berada disana, memberikan izin, membantu kami, dan mengajarkan kami berbagai macam hal dengan sangat baik dengan kondisi saat ini.

Adapun kami juga sangat berterimakasih kepada Isti Kharotun Ni'mah sebagai pembicara pada acara kegiatan PKM ini, sekaligus rekan-rekan maupun tim yang secara langsung maupun tidak langsung membantu acara ini agar berjalan dengan lancar dan suskes. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun