Mohon tunggu...
Citra Ayu Andiningrum
Citra Ayu Andiningrum Mohon Tunggu... Citra Ayu Andiningrum

tertarik dengan komunikasi dan sastra

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa Unas Melaksanakan Kegiatan CSR di Sekolah Master

1 Januari 2020   23:55 Diperbarui: 1 Januari 2020   23:59 6 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Unas Melaksanakan Kegiatan CSR di Sekolah Master
dok. pribadi

Selasa (10/12/2019) Delapan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Kelas karyawan Universitas Nasional diberikan kesempatan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Pembimbing kegiatan PKM, Yayu Sriwartini selaku dosen PR & Manajamen CSR. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Master, Depok.

Sekolah Master merupakan singkatan dari Sekolah Masjid Terminal yang dikenal karena lokasinya yang berada di sekitar terminal Depok dan ruangan kelas yang berasal dari kontener, sekolah ini gratis untuk anak jalanan yang didirikan oleh bapak Nurokhim sejak 28 Oktober 2000.

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, mahasiswa membagikan ilmunya dalam hal pendidikan karakter kepada murid kelas 5 SD. Karena pendidikan karakter dianggap penting untuk diajarkan pada anak - anak sejak usia dini khususnya pada murid yang berada di lingkungan terminal.

Ada hal unik yang kami temukan saat kami memberikan permainan menggambar teman sebelahnya untuk saling mengenal dan mengambil makna dari permainan itu, mereka serentak menolak untuk menggambar mahluk hidup. Mereka menjelaskan karena pengajaran dari guru agama mereka yang tidak mempebolehkan menggambar mahluk hidup.

Hal itu menunjukkan bahwa, murid sekolah master mampu menerapkan dan mengingat hal yang sudak diajarkan oleh guru agama mereka, meskipun mereka sekolah di lingkungan terminal yang banyak bermunculan stigma negatif mengenai karakter mereka.

Saat kegiatan berlangsung, murid antusias mendengar cerita kami dan senang saat kami melaksanakan kegiatan di sekolahnya. Mereka berharap kami bisa lebih sering datang untuk bermain bersama mereka dan memberikan ilmu mengenai pendidikan karakter ini melalui permainan yang menyenangkan.

Selain itu, Pembimbing PKM Unas, Yayu Sriwartini berharap, mahasiswa dapat menerapkan ilmunya untuk memberikan manfaat dan perubahan positif terhadap lingkungannya. Sehingga mampu menjadikan motivasi untuk mahasiswa lainnya untuk menyebarkan virus CSR (Corporate Social Responsibility) dan tergerak untuk selalu berkontribusi dan bermanfaat kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu masing - masing.

Penulis Citra Ayu Andiningrum dan Anisa Dewi, Ilmu Komunikasi Universitas Nasional

VIDEO PILIHAN