Mohon tunggu...
Citra NurlaelaPutri
Citra NurlaelaPutri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Mahasiswi Ekonomi Syariah semester 1 di perguruan tinggi Islam negeri

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Suksesnya Liga Futsal Profesional 2021

13 September 2022   23:55 Diperbarui: 14 September 2022   00:01 266 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto diambil dari instagram federasifutsal_id

Federasi Futsal Indonesia (FFI) secara resmi memulai liga futsal Indonesia atau liga futsal profesional (LFP) 2021 yang diikuti oleh 12 klub putra dan 6 klub putri. 

Liga futsal profesional ini sudah bergulir sejak Januari 2022. Jadwal Pro Futsal League 2021 digelar setiap pekan, pekan pertama digelar dalam dua hari.

Pro Futsal League musim ini menggunakan sistem kompetisi penuh, dimana peserta dikumpulkan dalam satu grup dan tidak dipecah menjadi beberapa grup. 

Nama-nama klub putra yang mengikuti LFP adalah Sadakata FC (Medan), Bintang Timur Surabaya (Surabaya), Black Steel (Manokwari), Cosmos FC (Jakarta), DB Asia (Berau), Giga FC (Metro), Halus FC (Jakarta), dan IPC Pelindo (Jakarta). 

Disusul Kacil BBK Pontianak (Pontianak), Safin FC (Kebumen), Vamos FC (Mataram), Pendekar United (Luwu Utara), Kebumen United (Kebumen), Putri Musi Rawas (Musi Rawas), Netic FC (Cibinong), Pusaka FC (Kendal), Pansa FC (Bantul), dan Persiba FC (Jakarta). Sedangkan enam klub  putri diantaranya pusaka angels, putri sumsel, kebumen angels, netic ladies, pansa FC dan Persiba female.

Ke-18 klub baik putra maupun putri merupakan klub hasil dari proses seleksi yang ketat di tahun lalu.  Putaran pertama kompetisi berlangsung hingga 13 Maret 2022, lalu jeda bursa transfer paruh musim, dan dilanjutkan 18 Juni 2022. 

Putaran kedua Liga Futsal Proesional 2021 bertempat di GOR Pangsuma, Pontianak, dengan Kancil BBK sebagai tuan rumah. Setelah sempat tertunda karena pandemi covid-19 akhirnya penantian penggemar futsal untuk menonton langsung pertandingan di venue diperbolehkan kembali. 

Liga futsal profesional 2021 resmi memperbolehkan menggelar pertandingan dengan kehadiran penonton langsung. Federasi Futsal Indonesia telah mendapatkan surat rekomendasi dari Kemenko Perekonomian.

Isinya adalah jawaban atas permohonan menggelar lanjutan Liga Futsal Proesional 2021 dengan kehadiran penonton di GOR. Surat rekomendasi ini diterbitkan kemenko perekonomian pada tanggal  14 Juni 2022. 

Untuk kapasitas penonton di tempat penyelenggaraan, disesuaikan dengan Level PPKM setempat. Misalnya Level 1 berarti boleh mendatangkan 100 persen penonton dari kapasitas yang ada.

Kini Pro Futsal League 2021 telah selesai digelar, dimana berdasarkan rekap hasil pertandingan pekan terakhir Liga Futsal Profesional Bintang Timur Surabaya berhasil keluar sebagai juara, disusul Black Steel FC sebagai juara kedua, dan Cosmo JNE sebagai juara ketiga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan