Mohon tunggu...
Cita juwita alwani
Cita juwita alwani Mohon Tunggu... Psikolog - Psikolog PPT Jatim

Trying to be a minimalism.. Bekerja sebagai seorang psikolog di ppt jatim perlindungan thd perempuan n anak korban kekerasan.. Berusaha melakukan yg terbaik dan menikmati setiap ritme kehidupan yg diberikan Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Psychological First Aid bagi Korban Kekerasan Seksual

30 Agustus 2021   12:11 Diperbarui: 2 September 2021   17:33 244 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Psycological First Aid atau yang biasa disebut dengan PFA, merupakan pertolongan pertama psikologis yang dapat dilakukan oleh siapa saja. PFA ini dapat diberikan dengan tujuan untuk membuat Korban merasa lebih aman dan mengurangi kemungkinan munculnya gangguan psikologis sedang maupun berat (sumber)

Menurut WHO (2011), PFA merupakan perawatan dasar yang bersifat praktis, suportif, dan humanis, yang digunakan untuk menolong orang yang mengalami tekanan karena bencana atau keadaan krisis, diberikan segera setelah bencana terjadi, dengan pendekatan yang tidak memaksa dan disesuaikan dengan nilai-nilai yang berlaku.(Sumber)

Tidak semua orang yang mengalami kondisi krisis memberikan reaksi yang sama, ada beberapa orang merasa baik-baik saja dalam beberapa saat dan ada pula yang merasa shock,tertekan, kehilangan yang berlebih, hingga kecemasan. 

Kondisi  ini adalah kondisi yang umum namun tetap perlu diberikan perhatian sebab apabila diabaikan akan dapat mengganggu kemampuan fisik, psikis, sosial dan spiritual. 

Berbicara mengenai kekerasan seksual, berarti berbicara mengenai kejadian yang tidak diinginkan oleh siapa saja dan berakibat banyak pada kondisi fisik maupun psikis. 

Tidak sedikit Korban kekerasan seksual justru semakin disalahkan dari bagaimana penampilannya  dan tidak jarang kita mengabaikan kondisi psikisnya. Dampak secara psikis ini apabila tidak diperhatikan akan memberikan dampak yang lebih besar pada kehidupannya. 

Cara yang dapat dilakukan oleh kita sebagai orang awam, apabila bertemu dengan seseorang yang baru saja menjadi korban Kekerasan Seksual sesuai dengan cara PFA, dimana ada tiga prinsip utama dalam PFA yang harus dipahami yaitu:


  1. Lihat (Look):

Melihat dengan seksama apa yang dibutuhkan pertama oleh Korban. 

semisal saat di tempat Umum, kemudian ada orang yang diduga sebagai korban kekerasan seksual berlari ke arah kita. kita dapat melihat dahulu bagaimana kondisinya atau keamanannya, apakah dirinya sedang dikejar-kejar oleh orang yang dianggap pelaku, lalu melihat dan mencari tempat yang aman bagi kita dan korban tersebut. Apabila perlu diberikan minuman agar lebih tenang itu juga dapat dilakukan. 


      2. Dengar (Listen):

      Membuat Komunikasi dan dengarkan keluhan Korban

      Memperkenalkan diri, dan berikan komunikasi yang tenang agar Korban juga merasa tenang, dengarkan semua keluhannya lalu             tanyakan apa yang bisa kita bantu pada dirinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan