Mohon tunggu...
CIPUTRA ENTREPRENEURSHIP
CIPUTRA ENTREPRENEURSHIP Mohon Tunggu... -

Menyebarkan semangat entrepreneurship di semua lapisan masyarakat, terutama para Kompasianer yang berjiwa maju dan mandiri. Kunjungi www.ciputraentrepreneurship.com atau email ke info@ciputraentrepreneurship.com untuk mendapat beragam informasi dan bantuan dalam membangun usaha Anda sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Money

Andakah Entrepreneur Sejati Itu: Karakteristik Entrepreneur Sejati

23 Juli 2010   10:03 Diperbarui: 26 Juni 2015   14:39 1795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

[caption id="attachment_199523" align="alignleft" width="300" caption="Siapakah entrepreneur sejati itu?"][/caption] Seorang anak sedang begitu asyik duduk di jalan depan rumah. Ia menata beberapa wadah makanan berisi kue-kue kering buatan neneknya. Begitu sibuknya menata 'barang dagangan' hingga ia tidak menyadari kakeknya mendekat. Sang kakek penasaran dan memutuskan mendekati si cucu, "Wadahnya kok dibawa ke sini semua, cu? Itu kue milik siapa semua?" Sang cucu belia menjawab dengan antusiasme polos, "Ini kue-kue buatan oma, opa. Aku mau jual kue-kuenya." Begitulah cerita singkat menarik yang dituturkan kembali dengan lugas oleh sang kakek - Dr. Ir. Ciputra - mengenai 'keisengan' kreatif cucunya di hadapan ratusan hadirin di sebuah acara bertajuk "Wirausaha Mandiri- Langkah Pasti Membangun Negeri" pada beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 1 Juli 2010. Dalam rangkaian perhelatan megah itu, Dr. Ir. Ciputra memang didaulat menjadi salah seorang pembicara utama. Pak Ci - begitu pria berkepribadian kharismatik ini biasa disapa - terlihat lancar menyampaikan ide-ide dan pengalamannya dalam menjalani kehidupan sebagai entrepreneur tangguh di hadapan kurang lebih 400 pasang mata. Mengamati Pak Ci dan begitu banyak entrepreneur sukses lainnya, kita sering bertanya apakah karakteristik fundamental yang membedakan seorang entrepreneur dengan non-entrepreneur. Itulah sebuah pertanyaan yang cukup klasik dan sederhana tetapi belum banyak diketahui jawabannya. Mendengar kata "entrepreneur", kita cenderung menghubungkannya dengan peran besar dalam kemajuan perekonomian dalam suatu masyarakat, negara, dan bangsa. Namun, jika ditilik lebih seksama, arti peran besar entrepreneur bukan hanya sekedar mencetak laba besar untuk perusahaannya saja, tetapi juga peran aktifnya dalam usaha membangun peradaban suatu masyarakat. Dengan kata lain, entrepreneur terlalu dangkal jika diartikan sebagai pebisnis, pedagang, atau makelar, dan sebagainya. Seorang entrepreneur harus memberikan sumbangsih positif kepada masyarakat sekitarnya di mana ia berada. Entrepreneur sejati tidak tinggal di menara gading yang penuh kemewahan (meski ia sejujurnya bisa) tetapi menjejakkan kakinya ke tanah untuk menikmati kebersamaan dengan sesama dan maju bersama orang lain, alih-alih meninggalkan mereka. Sejarah Entrepreneur Richard Cantillon di tahun 1730 mengemukakan sebuah terminologi baru: entrepreneur. Cantillon berargumen bahwa seorang entrepreneur adalah seseorang yang mempekerjakan dirinya sendiri dengan pendapatan yang tidak pasti. Inti dari usaha entrepreneur, menurut sang pencipta istilah, adalah menanggung risiko. Setiap tindakan dalam rangka entrepreneurship dapat dipastikan terkait dengan risiko, baik kecil atau besar. Seorang pedagang selalu mengalami fluktuasi omset, penghasilan, dan sebagainya. Begitulah dunia entrepreneur, penuh ketidakpastian dan risiko. Sementara itu, ahli ekonomi bernama Jean Baptiste Say mendefinisikan 'entrepreneur' sebagai seorang koordinator produksi dengan kemampuan manajerial. Entrepreneur adalah sebuah aksis alias poros yang menjadi pusat perputaran segala sesuatu, layaknya matahari yang menjadi pusat tata surya. Entrepreneur menurut Say mempunyai kemampuan untuk mengolah ide-ide abstrak menjadi hal-hal konkret yang dapat dinikmati masyarakat luas. Selain Cantillion dan Say, Joseph Schumpeter di tahun 1910 memberikan pengertian tentang entrepreneur. Menurutnya, entrepreneur ialah seorang inovator yang kreatif, dan karena kreatif, ia menjadi seorang dengan pola pikir non-konformis, selalu menentang arus. Entrepreneur selalu memiliki sudut pandang dan cara pikir berbeda dari masyarakat kebanyakan. Ia aneh, menyimpang, kadang ditentang, bahkan dianggap gila dan eksentrik. Akan tetapi, memang begitulah seorang entrepreneur seharusnya. Saat semua orang berlomba mencari kerja, seorang entrepreneur menciptakan lapangan kerjanya sendiri. Saat semua orang bekerja untuk dirinya sendiri, entrepreneur bekerja untuk dirinya dan segenap karyawan dan masyarakat sekitarnya. Merekalah positively deviant people (orang-orang yang menyimpang dalam arti positif). Setelah itu, muncullah seorang intektual abad ke-20 bernama D. C.McClelland yang di tahun 1961 menyatakan bahwa entrepreneur adalah seseorang dengan kebutuhan tinggi untuk berprestasi (a high need of achievement). Dan seperti Cantillion, Robert L. Burdner (1962) juga menandaskan bahwa entrepreneur memiliki tingkat toleransi tinggi terhadap ketidakpastian. Singkatnya, semua definisi yang sebitu selalu memuat hal-hal berikut: kreativitas, inovasi, kepemimpinan, dan kemampuan untuk menghadapi ketidakpastian.

Karakteristik-karakteristik Seorang Entrepreneur

Inilah beberapa karakteristik yang mutlak dimiliki seorang entrepreneur sukses. Pastikan Anda memiliki sebanyak mungkin karakter berikut ini, jika belum, berlatihlah.

BERANI AMBIL RISIKO

Risk taker atau orang yang suka menghadapi risiko adalah orang yang berpotensi menjadi seorang entrepreneur. Meski memiliki sifat ini tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan, setidaknya itulah yang diperlukan saat memulai suatu usaha. Sebagai entrepreneur, Anda tidak bisa menghindari risiko. Keberanian untuk mengambil risiko ini tentu saja bukan keberanian yang membabi buta tanpa alasan dan dasar yang jelas dan kokoh.

KREATIF

Kreativitas lekat dengan unsur inovasi, dan inovasi selalu dapat membantu sebuah usaha untuk lebih maju mengikuti perkembangan jaman yang dinamis. Tanpa kreativitas, sebuah perusahaan akan terasa jalan di tempat dan stagnan, sebelum akhirnya harus menyerah dengan persaingan. Dan kreativitas harus dilakukan secara berkesinambungan, tidak sporadis atau tanpa keteraturan. Misalnya, sebuah bisnis milik Anita Crook yang bernama "Pouchee". Produknya berupa sebuah tas tangan wanita trendi yang dilengkapi kantong-kantong untuk mengelompokkan barang yang dibawa dengan praktis. Produknya meledak di pasaran, tetapi itu tidak membuat Crook berhenti untuk berkreasi karena Crook tahu bahwa konsumennya akan lebih menyukai produknya jika model dan desain baru yang lebih bagus dan menarik dapat dikeluarkan terus menerus.

Sifat kreatif juga membuat Anda sanggup melihat celah-celah peluang yang tidak bisa dilihat orang lain pada umumnya. Celah-celah peluang ada di mana saja tetapi membutuhkan sebuah kejelian kreatif untuk dapat menemukan sebuah ide atau konsep dari sesuatu yang tak terduga. Bagi entrepreneur sejati, semuanya bisa menjadi peluang dan bahkan kegagalan bisa diubah menjadi peluang emas.

[caption id="attachment_202620" align="alignleft" width="198" caption="Ambisi adalah amunisi."][/caption] AMBISIUS DAN BERSEMANGAT

Apakah Anda seseorang yang selalu melandasi setiap pekerjaan dengan ambisi dan semangat yang membara? Jika iya, kemungkinan besar Anda adalah seorang entrepreneur potensial. Pupuklah karakteristik tersebut karena ambisi dan semangat yang besar sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

CERMAT MEMILIH

Kecermatan dalam memilih bidang usaha yang akan Anda jalankan, produk atau layanan apa yang akan Anda tawarkan pada pelanggan, dan sebagainya, sangat diperlukan untuk membuat bisnis lebih maju dari waktu ke waktu. Kecermatan akan membuat Anda memutuskan secara benar dan dapat menghemat waktu. Kekurangcermatan menjadikan orang bekerja lebih dari sekali, dan itu berarti menghabiskan waktu dari yang seharusnya.

MAMPU MEMBERI NILAI TAMBAH

Saat melihat seseorang melakukan sesuatu atau membuat sesuatu, Anda sering bergumam, "Aku bisa melakukannya lebih baik." Dan itulah yang coba Anda lakukan. Misalnya, Anda tidak tahu menahu tentang usaha eceran tetapi setiap kali Anda berjalan menuju sebuah toko kelontong besar, Anda selalu berpikir tentang berbagai macam ide untuk membuat toko itu terasa lebih bagus, menarik dan memuaskan bagi pengunjungnya. Dengan digabungkan kelihaian melirik kesempatan yang lewat, Anda selalu merasa optimis bahwa ada berbagai macam cara untuk membuat semua lebih baik.

BUKAN SEKEDAR BEKERJA

Dengan kata lain, Anda benar-benar menikmati apa yang Anda kerjakan. Pekerjaan bagi Anda bukan suatu pelarian menuju akhir,bukan pula hanya mengumpulkan gaji dan pulang. Bekerja bagi Anda lebih dari itu. Ada makna yang lebih dalam dan filosofis, yang orang lain lewatkan. Bukan pula Anda harus menjadi gila kerja. Namun, Anda ingin menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan cerdas. Anda ingin hasil pekerjaan Anda bernilai tambah, bukan sekedar selesai. Anda merasa tertantang untuk mengalami sesuatu yang lebih bermakna dari masuk kantor jam 8 dan pulang jam 5 sore, dan kemudian mencoba melupakan semua yang dikerjakan saat di kantor.

FOKUS PADA MASA KINI UNTUK MEMBANGUN MASA DEPAN

Anda mampu bermimpi bagaimana harus membangun masa depan sambil berfokus pada apa yang Anda lakukan sekarang. Jadi impian Anda bukan impian kosong, tetapi impian yang realistis dan logis. Sembari mengerjakan tugas sehari-hari yang mampu mengantar Anda lebih dekat menuju keberhasilan, Anda terus bermimpi tentang sebuah rencana untuk masa depan.

MANIAK EGO

Dalam kadar yang wajar dan terkendali, menjadi seorang maniak ego akan membuat Anda menjadi entrepreneur yang lebih baik. Anda selalu tahu bahwa Anda bisa melakukan hal dengan lebih baik dan efisien (bahkan dari atasan Anda). Anda percaya akan kemampuan diri sendiri. Ego sungguh krusial karena bisa mendorong Anda mengambil risiko, maju ke depan, dan berhasil.

TIDAK RAGU UNTUK MENCARI JAWABAN

Suatu ketika Anda dihadapkan pada suatu pertanyaan, Anda belum tahu jawabannya. Jawaban seperti apa yang bisa diharapkan keluar dari mulut seorang entrepreneur sejati? Jika benar memang Anda entrepreneur, maka Anda tidak akan ragu untuk mengakui bahwa Anda belum mengetahui jawabannya tetapi Anda berjanji akan segera menemukan jawabannya dalam waktu tertentu.

SUKA MEMBUAT STRATEGI

Disadari atau tidak, seorang entrepreneur suka untuk merancang strategi. Bila memang Anda entrepreneur, Anda tidak hanya berpikir tentang hari esok. Anda juga berpikir lebih jauh dari itu. Berbeda dari orang-orang yang bukan entrepreneur, Anda adalah sebuah kombinasi dari pemimpi dan penyusun strategi yang cerdas.

SUKA MEMBANGUN

Dengan segala sumber daya yang Anda miliki, Anda suka membuat sesuatu. Anda tidak peduli dengan pengakuan, penghargaan, cemoohan atau kritik sinis dari orang lain. Anda hanya ingin sesuatu yang nyata yang merupakan hasil dari keringat Anda sendiri. Dan hasil kerja keras ini tidak hanya menguntungkan buat Anda pribadi tetapi juga banyak orang di sekitar Anda.

INGIN MEMEGANG KENDALI

Dalam sebuah pasukan, entrepreneur adalah jenderal yang memimpin, bukan serdadu yang dipimpin. Anda lihat bagaimana dunia berputar, berguncang dan seolah bekerja tapi tidak menghasilkan apapun. Anda memperhatikan atasan dan teman kerja berlalu lalang setiap hari dan Anda ingin menarik perhatian mereka. Anda ingin memegang kendali.

Jadi apakah Anda entrepreneur sejati itu??

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun