Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Mengapa Guru Perlu Memaksimalkan Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Berdiferensiasi?

22 September 2022   08:27 Diperbarui: 22 September 2022   12:45 688 60 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengelolaan kelas dalam kegiatan diskusi sangat berpengaruh pada kelancaran proses diskusi kelompok. (Dokumentasi pribadi)

Diskusi kelompok bagi guru sudah tidak mungkin asing baik di telinga maupun di aktivitasnya. Sebab hampir setiap hari kita sebagai guru, sering menjadikan diskusi sebagai salah satu upaya mencapai tujuan pembelajaran yang sudah dirancang.

Sebagai suatu metode, diskusi mempunyai banyak manfaat, baik untuk guru maupun peserta didik khususnya. Sebab diskusi merupakan langkah kolaboratif yang terdiri dari beberapa personal peserta didik guna mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan. Maka tidak berlebihan jika dikatakan, bahwa diskusi mempunyai peran yang strategis dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Secara teoritis diskusi kelompok adalah wujud pembelajaran yang kolaboratif, partisipatif dan interaktif. Pembelajaran kolaboratif ditandai dengan adanya kerja sama antar peserta didik dalam membaas materi pelajaran. 

Pembelajaran partisipatif ditandai dengan adanya keterlibatan semua peserta didik dalam proses pembelajaran. 

Sedang pembelajaran interaktif ditandai dengan adanya interaksi antar peserta didik maupun peserta didik dengan guru. Dengan kata lain, dalam implementasinya diskusi kelompok mengantarkan proses pembelajaran bisa bermakna.

Perdebatan mewarnai proses diskusi guna menemukan solusi. Proses saling menghargai pendapat (Dokumentasi pribadi)
Perdebatan mewarnai proses diskusi guna menemukan solusi. Proses saling menghargai pendapat (Dokumentasi pribadi)

Realitanya di lapangan, belum semua praktik diskusi dapat berjalan sesuai dengan harapan. Di sana-sini masih ditemukan praktik diskusi yang masih belum efektif. 

Dominasi oleh segelintir peserta didik dalam diskusi, proses diskusi yang masih asal-asalan, tidak efisiennya waktu, tanya jawab sering stagnan, dll. Semua hal tersebut tentu berdampak pada tidak efektifnya kegiatan diskusi kelompok yang dijalankan.

Mengapa diskusi kelompok perlu dimaksimalkan?

Sebab di dalam diskusi kelompok terdapat banyak manfaat baik secara psikologis, sosial maupun edukatif, baik untuk guru maupun untuk peserta didik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan