Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mewujudkan Bahagia Masa Purna dengan 4 Sehat 5 Sempurna

8 September 2022   13:21 Diperbarui: 8 September 2022   15:10 348 58 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kegiatan pengajian para pensiunan, iktiar mengasah spiritual. (https://www.metropolitan.id)

Ada suasana yang berbeda jauh antara seseorang yang masih aktif berdinas dengan seseorang yang sudah purna. Perbedaan tersebut berkaitan dengan pisik, sosial maupun spiritual. Saat masih berdinas, secara pisik umumnya masih enerjik, secara sosial dapat berjejaring sosial dengan berbagai level, secara spiritual terkadang kurang fokus, akibat tugas dinas yang masih belum selesai.

Oleh sebab itu menuju purna, seseorang perlu merancang suasana bahagia yang sesuai dengan kondisi masa purna. Langkah merancang masa purna diperlukan sebagai upaya mewujudkan masa purna yang Bahagia lahir dan batinnya, jiwa dan raganya. 

Masa purna (pensiun) adalah masa pertahanan dan penajaman aspek-aspek kehidupan yang dibutuhkan. Terdapat aspek-aspek kehidupan yang bersifat pertahanan semisal kesehatan pisik, kesehatan finansial dan sosial. Terdapat juga aspek-aspek yang perlu ditajamkan antara lain kesehatan pikiran dan spiritual.  

Bahagia dengan 4 Sehat 5 Sempurna Masa Purna

1) Sehat pisik

Kata kunci sehat pisik adalah kemampuan seseorang dalam menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Sehat pisik bagi seseorang menjadi hal yang penting, apalagi bagi seseorang yang sudah purna. Sehat pisik akan menjadi modal non finansial yang mempunyai dampak besar bagi terlaksananya aktivitas yang akan dijalankan. Oleh sebab itu agar kondisi sehat pisik terjaga, olah raga ringan yang sesuai dengan kebutuhan orang yang sebelum purna perlu dibiasakan. Selain itu sebelum purna juga sudah mengatur pola makan dan pola hidup sehat.  

Sehat pisik merupakan menu sehat pertama yang dibutuhkan oleh seseorang yang sudah purna (khususnya). Sehat pisik merupakan kunci bahagia penting dalam mengisi masa purna. Bagi seseorang yang sudah purna sehat pisik lebih bersifat pertahanan. Sebab seiring usia, kodisi pisik seseorang pada masa purna sudah tidak memungkinkan melakukan kegiatan pisik yang menguras tenaga. 

2) Sehat finansial

Sebisa mungkin pada saat purna mempunyai kesiapan finansial yang dibisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan sandang dan pangan serta kesehatan yang bersifat sederhana hendaknya dapat disiapkan sebelum purna. Sehingga pada saat purna mempunyai kesiapan finansial secara mandiri. Maka sebelum purna, perlu adanya rencana jangka panjang guna menata kesiapan finansial pada saat purna.

Suasana para pensiunan antri mengambil dana pensiun di Bank Jateng Kota Magelang. (dokpri)
Suasana para pensiunan antri mengambil dana pensiun di Bank Jateng Kota Magelang. (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan