Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Purworejo Suguhkan Ruang Publik Edukatif, Sehat, Menarik dan Menyenangkan

31 Juli 2022   06:55 Diperbarui: 10 Agustus 2022   11:04 1072 70 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Salah satu Taman yang ada di sudut Alun-alun Purworejo (dokpri)

Ruang publik yang luas dan menyuguhkan suasana edukatif, sehat, menarik serta menyenangkan menjadi harapan semua warga masyarakat. Tidak ketinggalan warga Purworejo. Wilayah yang memiliki rekam jejak sejarah panjang ini, sejak 2019 telah menyuguhkan ruang publik multi manfaat bagi warganya. 

Ruang publik tersebut dipusatkan di Alun-alun yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya warga untuk berolah raga dan menikmati kuliner lokal yang banyak terjajakan di pinggir alun-alun. 

Wajah alun-alun sekarang telah berubah menjadi tempat yang menyuguhkan wahana edukatif, hiburan, susana yang nyaman, sarana olah raga, arena selvi dan suguhan arena permainan anak-anak. Melengkapi keindahannya, terdapat juga pusat kuliner yang dipusatkan di salah satu sudut alun-alun (seberang jalan).

Seperti halnya alun-alun yang lain di Jawa Tengah, didekat alun-alun terdapat masjid Agung dan pusat pemerintahan. Juga terdapat dua pohon beringin yang berada di tengah. Gaya alun-alun seperti ini mengingatkan kita tentang pusat kerajaan Mataram di Yogjakarta.

Dua pohon Ringin di tengah Alun-alun salah satu ciri jejak panjang sejarah Purworejo (dokpri)
Dua pohon Ringin di tengah Alun-alun salah satu ciri jejak panjang sejarah Purworejo (dokpri)

Maka, walaupun dilakukan proses renovasi yang menampilkan aneka manfaat bagi masyarakat, fungsi dan eksistensi alun-alun sebagai salah satu ikon sejarah Purworejo, masih tetap terjaga keutuhannya. 

Aneka suguhan aktivitas masyarakat

1) Sarana olah raga

Sarana olah raga menjadi salah satu arena yang disuguhkan. Bagi pejalan kaki disuguhkan trotoar yang lebar dan tertata rapi dan indah yang mengitari alun-alun. Bagi pesepeda disiapkan arena bersepa yang juga mengelilingi alun-alun. Selain itu juga disediakan sarana olah raga dengan sentuhan modernitas.

Tempat yang yang lebar dan rapi disuguhkan kepada para pejalan kaki. (dokpri)
Tempat yang yang lebar dan rapi disuguhkan kepada para pejalan kaki. (dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan