Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Sudah Pensiun Sebagai Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Mengapa Guru Perlu Memahami 3 Peran Utama dalam Pembelajaran Berdiferensiasi?

15 Juli 2022   07:53 Diperbarui: 16 Juli 2022   23:27 3319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Guru mengajarkan murid pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Senin (10/1/2022) (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Banyak aspek yang perlu dipahami guru tentang pembelajaran diferensiasi. Dari aspek prinsip, ciri-ciri, strategi yang harus dilakukan sampai dengan pelaksanaan asesmen. Hal itu menunjukkan bahwa guru dihadapkan pada sederet pengetahuan tentang pembelajaran diferensiasi yang harus dipahami.

Oleh sebab itu guru perlu juga memahami satu demi satu aspek-aspek penting pembelajaran berdiferensiasi. Dalam tulisan ini akan diurai tentang tiga utama guru dalam pembelajaran berdiferensiasi. 

3 Peran Utama Guru dalam Pembelajaran Berdiferensiasi 

Ada tiga peran penting yang perlu dipahami guru dalam pembelajaran berdiferensiasi, yaitu guru sebagai perancang pembelajaran, fasilitator pembelajaran dan guru sebagai motivator pembelajaran. Ketiganya berkait erat dengan kompetensi pedagogik dan profesional yang dimiliki oleh guru.

a) Perancang pembelajaran

Yaitu peran guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang akan dilakukan. Sebagai perancang pembelajaran, maka guru harus mempunyai bekal tentang pemahaman kurikulum. 

Dalam pembelajaran diferensiasi rancangan pembelajaran lebih difokuskan pada tujuan-tujuan pembelajaran yang bermakna yaitu tujuan pembelajaran yang bersifat partispatoris dan mampu melibatkan fisik, emosi serta mampu merangsang peserta didik mengembangkan proses berpikir. 

Pembelajaran berbasis High Others Thinking Skill (HOTs) juga menjadi hal yang perlu dirancang guru dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran bisa  bermakna (meaningfull learning).

Beberapa hal penting yang semestinya dipahami guru dalam merancang pembelajaran.

  • Menguasai materi yang menjadi bidang tugasnya
  • Menguasai aneka metode, media, pendekatan pembelajaran
  • Menyiapkan pertanyaan pemantik yang dapat mendorong peserta didik mengembangkan nalar kritisnya
  • Menyiapkan lembar tugas yang beraneka ragam

b) Fasilitator pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun