Mohon tunggu...
Cintya Theresia Samosir
Cintya Theresia Samosir Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Hi~

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bersama Perjuangkan Merdeka dari Pandemi

28 Oktober 2021   22:14 Diperbarui: 28 Oktober 2021   22:37 29 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sudah hampir dua tahun dunia kita harus terisolasi karena virus Covid-19 ini. Banyak perjuangan dan tantangan juga pengorbanan yang tak habis-habisnya kita lakukan untuk memperjuangkan keberlangsungan hidup kita yang saat ini semakin sulit karena parahnya virus yang menyebar.

Akibatnya, kita harus beradaptasi dengan kehidupan kita yang masih tidak familiar ini. Ketika sebelumnya kita tidak perlu memakai masker di setiap saat, kini kita harus terbiasa untuk memakai masker di manapun dan kapanpun. Sebelumnya juga, kegiatan pembelajaran pelajar Indonesia dilaksanakan secara tatap muka atau luring, namun saat ini baik guru dan pelajar harus beradaptasi untuk mengikuti pembelajaran secara daring atau jarak jauh.

Selama pembelajaran jarak jauh ini, saya merasakan banyak sekali kesulitan yang harus dihadapi. Saya juga merasa pembelajaran secara daring tidak begitu efektif sebab oleh banyak alasan tertentu. Mulai dari masalah koneksi jaringan, fasilitas belajar di rumah yang tidak memadai, kurangnya perhatian dari guru, kurang nya keaktifan dan sosialisme.

Selain itu juga, akibat dari pandemi sangat berdampak bagi ekonomi Indonesia. Kita sudah pasti tidak asing dengan banyaknya pekerja yang sudah mengklaim Jaminan Hari Tua (JHT) yang berarti menandakan banyaknya pekerja yang telah di-PHK.

Belum lagi dengan warga yang memiliki ekonomi yang sangat buruk. Mereka harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan selembar uang hanya untuk bisa sekedar makan dalam sehari.

Sudah dapatkah anda membayangkan gambaran betapa buruknya keadaan akibat pandemi Covid-19 ini? Lantas apa aksi kita untuk berjuang meraih kemerdekaan kita dari pandemi ini?

 Sebenarnya aksi yang dapat kita lakukan cukup simpel! Hanya saja kesadaran dan ketaatan masyarakat yang kurang itulah yang menghambat perjuangan kita saat ini.

Apa saja perjuangan yang dapat kita lakukan saat ini? Pertama, kita harus menaati peraturan pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku. Mulai dari memakai masker dimana pun dan kapan pun, menjaga jarak, mencuci tangan dan tetap di rumah. Walau kita sudah lelah mendengar hal ini, namun percayalah bahwa hal ini dapat sangat berperan besar untuk memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19.

Terus bagaimana jika kita sudah mengikuti protokol kesehatan namun orang lain tidak? Beranilah untuk menegur! Karena jika kita tidak bertindak untuk menegur, lantas siapa yang akan bertindak? Jangan pernah malu untuk menegur orang yang tidak mengikuti protokol kesehatan karena itu adalah salah satu hal baik sebagai bentuk perjuangan kita untuk melawan pandemi Covid-19.

Kedua, ada baiknya orang-orang yang mampu, perusahaan, lembaga maupun individu bersedia untuk berdonasi, bersedekah atau membelikan masker dan sembako untuk mereka yang membutuhkan.

Karena bagi mereka yang membutuhkan, semua itu sangatlah berarti sangat dalam. Karena tak semua masyarakat mampu membeli masker karena alasan ekonomi. Bahkan uang yang anda sedekahkan, walau pun dengan nominal yang kecil tapi itu sangat berarti sangat besar untuk mereka yang membutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan