Mohon tunggu...
Sekar Harum
Sekar Harum Mohon Tunggu... Lainnya - Sosok Misterius

Jangan Pernah Mengeluh

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Pentingnya Meningkatkan Kecerdasan Finansial

18 Agustus 2022   20:01 Diperbarui: 18 Agustus 2022   20:05 152 7 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi finansial (sumber: freepik by kompas)

Pernah tidak merasa sudah kerja keras tetapi tetap saja penghasilan segitu saja? Atau malah memiliki penghasilan besar tetapi ternyata tidak mempunyai tabungan juga? Jika kondisi ini pernah terjadi, mungkin saja itu pertanda karena kecerdasan finansial kamu rendah.

Financial inteligensi atau kecerdasan finansial adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan berbagai masalah keuangannya. Kecerdasan finansial yang diperoleh lewat latihan, serta lewat pengalaman untuk memecahkan dan menyelesaikan berbagai masalah keuangan yang kita alami. Semakin sering kita berlatih, maka semakin mampu kita memecahkan masalah keuangan dan semakin tinggi kecerdasan finansial kita.

Satu hal yang menarik yaitu bahwa kecerdasan finansial itu tidak ada hubungannya dengan kecerdasan kita, serta tidak ada hubungannya dengan berapa nilai IQ kita. 

Kecerdasan finansial benar-benar terkait dengan kemampuan kita dalam menyelesaikan, menghadapi dan kemudian menang dari berbagai masalah finansial. 

Bagi mereka yang memiliki kecerdasan finansial rendah biasanya akan berkutat dengan masalah-masalah keuangan yang sama. Gaji besar tetapi tidak bisa menabung, bahkan sudah bertahun-tahun kerja tetapi tetap saja sulit untuk mendapatkan gaji yang besar. Serta kondisi hidup yang tidak banyak berubah, berkutat dengan hutang dan berbagai masalah keuangan lainnya. Kondisi itu terjadi lantaran memang kecerdasan finansial kita rendah. 

Hal ini juga bukan berarti kamu tidak cerdas, mungkin saja kamu adalah orang yang sangat jenius. Tapi dari sisi keuangan, kamu memiliki kondisi kecerdasan finansial yang mungkin cukup memprihatinkan. Sehingga orang-orang kaya atau orang-orang super kaya merupakan orang-orang yang memiliki kecerdasan finansial yang sangat tinggi. Kecerdasan finansial sendiri terbagi ke dalam lima jenis.

1. Kecerdasan Menghasilkan Uang

Kecerdasan finansial pertama yang harus dimiliki oleh orang-orang yang ingin kaya adalah kemampuan dalam menghasilkan uang. Suatu kecerdasan finansial yang dapat diukur dengan seberapa besar nilai uang yang dapat kamu kumpulkan dalam waktu tertentu. 

Semakin tinggi kemampuanmu dalam menghasilkan uang, maka semakin tinggi kecerdasan finansial kamu. Bahkan ada yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan uang 10 juta perbulan. Pastinya kondisi itu yang lebih tinggi dalam kecerdasan finansial apabila dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki kemampuan mendapatkan uang sebesar 3 juta perbulan. 

2. Kecerdasan Melindungi Uang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan