Mohon tunggu...
Cintya Dwi Wijayanti
Cintya Dwi Wijayanti Mohon Tunggu... S1 Perencanaan Wilayah dan Kota

201910501014

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Public Private Partnership Terkait Program Sidoarjo Hijau

19 April 2021   06:10 Diperbarui: 19 April 2021   06:16 59 2 0 Mohon Tunggu...

       Kebersihan selalu menjadi polemik sampai terus berkembang. Permasalahan sampah di Indonesia selalu selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh perkembangan penduduk yang semakin meningkat. Peningkatan jumlah penduduk dapat menjadi faktor pendorong berkembangnya suatu wilayah baru untuk mendapatkan daerah pemukiman yang baru. Adanya peningkatan jumlah penduduk juga dapat meningkatkan volume sampah di Indonesia. Dapat dilihat volume peningkatan pertumbuhan penduduk di Sidoarjo terus meningkat setiap tahunnya. Pemerintah pusat telah membuat program Sidoarjo bersih dan hijau sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan sampah di Sidoarjo. Pemerintah berperan sebagai fasilitator serta sebagai motivator untuk menumbuhkan keasadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar. Program Sidoarjo bersih dan hijau merupakann suatu program untuk menjaga kebersihan lingkungan yang diadakan di beberapa desa setiap tahunnya. Program ini telah dikemas dalam bentuk perlombaan sehingga akan menarik minat masyarakat sekitar untuk turut bepartisipasi sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan.

     Dinas Kebersihan Sidoarjo telah berkerja sama dengan Radar Surabaya dalam mendukung pelaksanaan program Sidoarjo bersih dan hijau .  Radar Surabaya dipilih agar dapat mempublikasikan program Sidoarjo melalui media cetak sehingga masyarakat luas dapat mengetahui program kebijaka yang telah dibuat oleh pemerintah sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Sidoarjo.

      Public Private Partnership adalah sebuah kerangka kerja  yang melibatkan pemerintahan dan pihak swasta yang memiliki struktur kerjanya masing -- masing. Pihak swasta akan menjadi investor dalam menjalankan bisnis secara efektif, sedangkan pemerintah sendiri memiliki peran dalam pembuat peraturan terkait  masalah pembangunan sehingga kewajiban sosial serta investasi publik dapat tercapai secara optimal. Bedasarkan hal tersebut maka pemerintah ingin agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program Sidoarjo bersih dan hijau sehingga pihak yang diajak kerjasama harus memiliki kapasitas untuk menggerakkan minat masyarakat sekitar. Pemerintah telah bekerjasama dengan pihak swasta yaitu Radar Surabaya dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dengan cara mensiarkan program tersebut. Tujuan utama dari program ini yaitu untuk melestarikan lingkungan sekitar, dapat mensosialisasikan peran masyarakat dalam mengelola sampah. Jika pemerintah melakukan kerjasama dengan perusahaan otobis untuk memberikan sosialisasi serta pasrtisipasi dari masyarakat tentunya program tersebut tidak bisa berjalan dengan baik, karena  karasteristiknya tidak dapat menyebarluaskan program tersebut. Pembagian tugas dan tanggung jawab antara pemerintah dengan pihak swasta telah berjalan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing --  masing. Kegiatan pelaksaan Sidoarjo bersih dan hijau memerlukan stakeholder untuk dapat menjalankan peran serta tanggung jawab masing -- masing sehingga kemitraan akan dapat berjalan dengan baik. Namun Dinas Kebersihan belum bisa sepenuhnya untuk membiayai anggaran terkait pelaksanaan program tersebut. Dinas Kebersihan telah memberikan bantuan sarana dan prasarana  untuk mendukung kegiatan program Sidoarjo bersih dan hijau, serta memberikan  Radar Surabaya sebagai EO untuk dapat membiayai Road Show dan Dorprise acaranya.

    Dinas Kebersihan dan Radar Surabaya telah menjalin hubungan yang baikserta saling percaya satu sama lain dalam menjalin kemitraan, karena adanya kepercayaan maka kerjasama tersebut dapat berjalan sesuai rencana. Koordinasi dan komuniaksi yang baik dibutuhkan oleh pemerintah dan pihak swasta dengan pemangku kepentingan dan masyarakat sekitar. Dinas Kebersihan sebagai instansi pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebaiknya melakukan sosialisasi lebih menyeluruh pada masyarakat sehingga desa -- desa lain dapat mengetahui program Sidoarjo bersih dan hijau, serta dapat menambah julam sarana dan prasarana desa sehingga dapat membuat masyarakat sekitar menjadi antusias dalam mengikuti program tersebut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x