Mohon tunggu...
Cindytia Putri
Cindytia Putri Mohon Tunggu... perempuan, 19 tahun

saya ingin jadi orang sukses

Selanjutnya

Tutup

Digital

Ciptakan Belanjabareng.id, Buah Kreativitas Mahasiswa IPB Tanpa Batas

23 Mei 2019   01:37 Diperbarui: 23 Mei 2019   01:59 0 0 0 Mohon Tunggu...

Prestasi membanggakan diperoleh Muhammad Azman dari Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor (SB IPB) angkatan 54. Ia berhasil meraih juara pertama dalam lomba EVEREST National Paper Competition 2019 yang diadakan oleh Departemen Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara pada 11-15 April 2018.

Muhammad Azman dan tim membawakan paper terkait bisnis yang saat ini sedang dijalankan dengan cara kerja seperti unicorn. Namanya belanjabareng.id. Belanjabareng.id sebagai platform dari business to business artinya produk atau jasa dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Belanjabareng.id sebagai penghubung supplier dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan sistem grup buying untuk membantu UMKM menuju pasar ekonomi global dan mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs). Rencananya belanjabareng.id akan dibuka untuk umum akan tetapi segmentasinya untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Muhammad Azman memilih tema ini karena menurutnya sejalan dengan fokus yang sedang ia jalani yaitu Sekolah Bisnis. Selain itu, ia juga ingin menguji sejauh mana ide nya dan teman-teman dapat diterima oleh khalayak luas.

belanjabareng.id itu seperti platform marketplace. Bedanya belanjabareng.id mengunggulkan sistem kolaborasi. Setiap UMKM bisa mendapatkan harga terendah untuk kebutuhan bisnisnya dengan membeli bersama-sama sampai mencapai minimum order quantity yang ditetapkan supplier.

Belanjabareng.id hanya mengizinkan permintaan order barang yang bisa dikirim melalui jasa pengiriman sehingga jasa dan kerjasama dagang tidak dapat di order melalui Belanjabareng.id kecuali ada kerja sama resmi dengan pihak Belanjabareng.id.

Karya yang sedang dalam proses pengembangan ini akan terus dilombakan untuk menguji sejauh mana karya ini mendapat penilaian dan mendapatkan apresiasi. Azman berharap, belanjabareng.id ini menjadi karya yang bisa membawa nama baik Sekolah Bisnis IPB di ajang kompetisi nasional maupun internasional.