Mohon tunggu...
Cindy Fernanda
Cindy Fernanda Mohon Tunggu... Seniman - a psych student

lots in my head.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Buat Dirimu yang Suka Menunda Pekerjaan (Procrastination)

19 September 2021   12:03 Diperbarui: 19 September 2021   12:05 126 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Buat Dirimu yang Suka Menunda Pekerjaan (Procrastination)
ilustrasi pribadi

Kita semua pasti pernah berurusan dengan penundaan (dalam bahasa inggris : procrastination) di beberapa titik dalam hidup. Kalau kita kalah pintar daripada penundaan, tentu saja ini akan membawa kita ke lubang hitam. Di artikel kali ini, kamu akan belajar bagaimana caranya menunda sifat 'menunda pekerjaanmu'.

2 tipe procrastination : acute procrastination dan chronic procrastination

  1. Acute procrastination

Penundaan tipe ini termasuk dalam golongan yang normal, orang paling produktif di dunia sekalipun pasti pernah mengalami ini. Ada satu situasi dimana mungkin kamu akan bertanya "Mengapa aku malas? Mengapa aku sangat malas untuk mengerjakan pekerjaan itu?" padahal kamu tahu betul bahwa biasanya kamu akan langsung mengerjakan tugas itu. Tidak sulit untuk mengenali ciri-ciri tipe penundaan ini dan begitu juga cara mengatasinya. 

Untuk mengatasi sesuatu, kamu harus tahu betul apa yang membuatmu menunda, sa seperti dokter yang menanyakan keluhan pasiennya agar bisa memberikan jenis dan dosis obat yang tepat. Tanyakan ke dirimu sendiri apa penyebab kamu menunda dan kamu akan bisa mengatasinya. 

Alasan kamu menunda antara lain:

  1. Takut atau khawatir hasil tidak sesuai ekspektasi

  2. Pekerjaan yang sama-sama saja (mungkin kamu bosan dengan pekerjaan ini)

  3. Tidak mengambil waktu istirahat setelah jam kerja yang lama

  4. Kamu pikir seseorang harus mengerjakannya, bukan dirimu. 

  5. Tidak ada disiplin dalam diri (ingin melakukan hal yang menyenangkan saja), dan lainnya.

Teknik cara mengatasi :

  1. 5 second rule 

Peraturan 5 detik ini sangat simpel. Dalam buku yang ditulis oleh Mel Robbins, menjelaskan momen dimana kamu sedang malas tetapi memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, kamu harus bergerak secara fisik dalam 5 detik atau otakmu akan membunuh tujuanmu. 

Saat kamu ragu atau malas melakukan sesuatu, hitung mundur 5-4-3-2-1 dan paksa dirimu untuk bangun dan langsung kerjakan tugasmu. Ada jendela di dalam 5 detik itu, jendela yang bisa kamu gunakan untuk keluar dari zona nyamanmu. Kabar baiknya, hal ini ada untuk semua orang. Itu saja, hanya butuh 5 detik untuk keluar dari zona nyamanmu. 

  1. 10 menit pertama

Apapun tugasmu, seberapa berat itu, atau mungkin takut hasil tidak sesuai ekspektasi, mulai saja. Ambil semua peralatan yang dibutuhkan dan mulai saja. Jangan lupa mengambil timer dan pasang selama 10 menit, lalu kerjakan tugasmu selama 10 menit itu. 

Dalam rentang waktu 10 menit itu, kerjakan tugasmu dengan penuh semangat dan secara otomatis otak akan ikut berkoordinasi denganmu saat itu. Setelah timer berbunyi, secara otomatis juga kamu akan tetap melanjutkan pekerjaanmu karena kamu sudah mendorong dirimu sendiri di 10 menit pertama.  Langkah pertama adalah yang paling sulit. Sayang kan kalau ga diselesaikan tugasnya? 

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
    Lihat Lyfe Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan