Mohon tunggu...
Cindy Dwi Puspitasari
Cindy Dwi Puspitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ga ada

Ga ada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ideologi Pancasila di Mata Generasi Era Milenial

28 Oktober 2021   21:16 Diperbarui: 28 Oktober 2021   21:38 106 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai semua, kali ini saya kembali hadir lagi menyapa kalian tentunya dengan membawakan tema artikel yang baru setiap minggunya.

Untuk tema artikel pada minggu ini, saya akan mengusung tema tentang ideologi pancasila. Tahukah kalian semua, mengapa saya mengusung tema ini, karna saya ingin membahas dan mengetahui lebih banyak mengenai pandangan ideologi pancasila bagi generasi diera milenial ini.

Sebelum ke pembahasan yaitu tentang ideologi pancasila di mata era milenial. Mari kita bahas dulu bersama, apa sih itu pancasila.

Mungkin dari kalian semua para pembaca sudah tau mengenai ideologi pancasila, namu jika masih ada yang belum mengerti akan saya jelaskan terlebih dahulu.

Ideologi adalah ide atau gagasan yang dapat melahirkan aturan dalam kehidupan. Ideologi negara Indonesia adalah pancasila. Dimana pancasila merupakan pilar dasar atau pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila sendiri adalah bentuk ideologi terbuka yang mampu untuk selaras dengan dinamika kehidupan masyarakat negara Indonesia.

Yang artinya ideologi pancasila merupakan kumpulan dari nilai - nilai luhur budaya, norma, dan cita -- cita bangsa Indonesia untuk mencapai tujuan bersama berdasarkan pada pilar dasar negara yakni lima sila pancasila.

Kenapa pancasila disebut sebagai ideologi terbuka. Disebut sebagai ideologi terbuka karena pancasila dapat menyesuaikan dirinya dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju tanpa harus mengubah nilai fundamental pancasila tersebut.

Pancasila sendiri terlahir dari pemikiran para tokoh pejuang kita negara Indonesia yang sanagt hebat yaitu, Ir. Soekarno, Muhammad Yamin dan Soepomo. Yang mana dalam pembentukan pancasila ini perlu melalui proses yang sangat panjang agar dapat sesuai dengan tata kehidupan berbangsa dan bernegara serta menjadikannya pedoman bangsa.

Dilihat dari peran para pejuang tokoh bangsa dalam pembentukan pancasila yang memiliki makna dan peranan yang penting bagi negara Indonesia ini. 

Maka sudah saatnya bagi kita generasi di era milenial ini mulai bergerak aktif menanamkan dan mencerminkan nilai-nilai dari pancasila untuk menjadikan negara Indonesia menjadi adil, damai, dan saling menghargai satu sama lain untuk dapat mewujudkan cita - cita negara Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan