Mohon tunggu...
Cindy Aprilla
Cindy Aprilla Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo

Man Jadda Wa Jadda

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Sosial Distancing Memutus Rantai Penularan Covid-19

28 Maret 2020   14:49 Diperbarui: 28 Maret 2020   15:10 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Kemarin malam tepatnya tanggal 28 Maret 2020 pukul 21.00 saya dan teman-teman mengikuti diskusi daring mengenai covid-19 yang kita ketahui sekarang lagi gempar-gemparnya mengenai virus baru tersebut, diskusi ini dilakukan melalui grup whatsapp yang diikuti banyak peserta sekitar 200an mahasiswa yang berbeda-beda fakultas dan universitas kami sangat antusias mengikuti diskusi ini bahkan dari luar daerah juga turut ikut dalam diskusi daring ini.

Pemateri yang membawakan diskusi ini adalah Wa Ode Sri Andriyani, S.K.M ia adalah salah satu mahasiswi lulusan terbaik FKM UHO tahun yang saat ini sedang melanjutkan kuliah s2 di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, sungguh luar biasa.

Tujuan diadakannya diskusi ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai virus baru ini (covid-19) bagaimana penularannya dan cara pencegahannya. Selama diskusi berlangsung saya sangat suka dengan pemateri yang mebawakan materi begitu jelas dan mudah dipahami dengan memberikan penjelasan-penjelasan awal mengenai apa itu Covid19, bagaimana penularannya. 

Pemateri juga memberikan data-data terpercaya mengenai perkembangan Covid-19 ini baik di Indonesia maupun di luar negeri. Jadi kita dapat memahami bagaimana cepatnya penularan Covid-19 ini. Dan dalam diskusi ini pemateri memberikan bagaimana harusnya kami melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19 dengan mengikuti protokol pemerintah yaitu melakukan social distancing/physical distancing, melakukan pola hidup bersih dan sehat, mengikuti informasi update mengenai Covid-19 dari sumber terpercaya.

Dapat saya simpulkan dari diskusi kali ini adalah bagaimana kita seharusnya mengikuti protokol pemerintah untuk membantu memutus rantai penularan Covid-19 dan bagaimana harusnya kita mencari informasi dari sumber-sumber terpercaya untuk mengurangi kepanikan di masyarakat, seperti kita ketahi banyaknya sekarang orang-orang yang menyebarkan berita hoax untuk memanfaatkan keadaan. 

Dari diskusi kali ini saya daat belajar bagaimana seharusnya pemateri menyampaikan penjelasan yang sangat mudah dipahami seperti memberikan data dan gambar-gambar yang tidak hanya menarik tetapi mempunyai makna yang dalam. Saya sangat termotivasi dari pemateri bahwa dia bisa mengadakan diskusi yang sangat bermanfaat ditengah-tengah maraknya Covid-19 ini yang dimana kami mahasiswa melakukan sosial distancing sehingga kami tidak hanya berdiam diri di rumah tidak melakukan hal-hal yang bermanfaat. 

Saya sangat ingin seperti kakak pemateri ini jika saya diizinkan untuk menjadi pemateri seperti dia saya akan berusaha lebih banyak lagi mencari ilmu sehingga saya akan lebih percaya diri dalam menyampaikan materi, saya akan mengundang peserta tidak hanya dikalangan mahasiswa saja tetapi juga untuk umum karena saya ingin semua masyarakat dapat menerima pengetahuan-pengetahuan tentang kesehatan dan saya tidak akan memungut biaya sepeserpun saya berharap tidak hanya orang-orang berpendidikan saja yang dapat menerima pengetahuan tetapi masyarakat umum berhat menerimanya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun