Mohon tunggu...
Cinde Saraswati
Cinde Saraswati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiswa Universitas Diponegoro

Haii everyone

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sebelum Terlambat, Mahasiswa Undip Ingatkan Pentingnya Mengkonsumsi Ikan di Masa Pandemi Covid-19

2 Agustus 2021   16:47 Diperbarui: 2 Agustus 2021   17:21 37 2 0 Mohon Tunggu...

Bandar Lampung (29/07/2021), Mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Program Studi Perikanan Tangkap, melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya mengkonsumsi ikan dimasa pandemi covid 19 ini dan cara membuat olahan dari ikan. 

Acara sosialisasi berlangsung pada hari Kamis, 22 Juli 2021 di RT 01 Lingkungan 01 Kelurahan Segala Mider Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung bersama anak-anak di sekitar lingkungan dengan menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan kegiatan KKN dan juga dengan mematuhi peraturan yang berlaku di wilayah setempat.

Pandemi Covid 19 yang masih mewabah di indonesia ini mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh dan imun agar terhindar dari covid 19. Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah mengkonsumsi ikan. 

Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan kandungan protein, asam lemak, dan omega 3. Bahkan mengkonsumsi ikan sudah dianjurkan sejak usia dini terutama ketika kecerdasan seseorang mulai terbentuk di dalam rahim.

Kurangnya pemahaman anak-anak akan pentingnya mengkonsumsi ikan membuat seorang mahasiswa KKN Universitas Diponegoro, Cinde Saraswati Saleh melakukan kegiatan gemar makan ikan. Kegiatan sosialisasi gemar makan ikan ini mengingatkan kepada anak-anak bahwa ikan merupakan alternatif pakan yang bergizi baik dimasa pandemi seperi saat ini. 

Pada sosialisasi gemar makan ikan ini pula dijelaskan beberapa contoh produk olahan ikan yang belum banyak diketahui oleh anak-anak yang memiliki rasa yang lezat. Selain mengenalkan anak-anak dengan produk olahan dari ikan tapi juga mengajarkan bagaimana cara membuat produk olahan ikan yaitu nugget ikan.

Mahasiswa undip juga tak hanya melakukan sosialisasi tetapi membagikan juga brosur yang berisikan tentang tips cara memilih ikan yang baik dan masih segar, mengingat pada daerah kelurahan segala mider ini merupakan permukiman yang jauh dari laut sehingga harus berhati-hati dalam melakukan pemilihan ikan yang segar. 

Selain brosur mahasiswa undip juga membagikan nugget ikan kepada anak-anak untuk mencicip bahwa produk olahan dari ikan tidak kalah lezat dengan produk olahan dari daging lainnya.

Dokpri
Dokpri

Peserta kegiatan yang terdiri dari perwakilan anak-anak RT 01 Lingkungan 1 ini sangat antusias dalam mendengarkan sosialisasi gemar makan ikan ini. Selain mahasiswa memberikana arahan tentang makan ikan juga adanya kuis berhadiah yang membuat anak-anak semakin antusias dalam mengikuti kegiatan. 

Kuis berhadiah ini meliputi pertanyaan seputar perikanan dari materi yang telah diberikanan. Kegiatan gemar makan ikan ini memperoleh respon yang positif dari anak-anak. "Nugget ikannya enak ikannya kerasa banget sama dapet ilmu tentang perikanan" tutur Tiara salah satu anak yang mengikuti kegiatan sosialisasi gemar makan ikan. 

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mengajarkan anak-anak banyaknya manfaat dari mengkonsumsi ikan.

Penulis : Cinde Saraswati Saleh / Perikanan Tangkap / FPIK

Dosen Pembimbing : Nurhadi Bashit, S.T., M. Eng

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN