Mohon tunggu...
Camilia Indah
Camilia Indah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Multimedia

Buku, Musik, Bahasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengaruh Prestasi Non Akademik pada Pembelajaran Akademik

7 Desember 2022   09:33 Diperbarui: 7 Desember 2022   09:43 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENGARUH PRESTASI NON AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN AKADEMIK

Oleh: Camilia Indah Novia Taufik

Pendidikan adalah usaha yang terencana untuk menghidupkan suatu suasana belajar serta proses pembelajaran agar siswa atau peserta didik dapat aktif dalam mengembangkan potensi dirinya sendiri. 

Pada umumnya juga, Pendidikan menjadi suatu tolak ukur kualitas setiap orang.pendidikan juga sebenarnya adalah aktivitas yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan, seperti pembelajaran dalam pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan dari suatu kelompok yang diturunkan secara turun-temurun dari generasi satu ke generasi  yang selanjutnya. 

Tujuan Pendidikan yang lainnya adalah agar peserta didik atau siswa dapat mengembangkan potensi diri menjadi pribadi yang beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak yang mulia, berilmu, kreatif, mandiri serta agar menjadi warga negara yang baik. 

Namun, pendidikan tidak hanya tentang akademik saja. Pendidikan juga mencakup tentang Non Akademik, dimana hal ini berkaitan dengan minat dan bakat siswa atau peserta didik. Siswa atau peserta didik akan dilihat perkembangan minat belajar pada Pendidikan akademik dengan bantuan pengaruh dari Pendidikan Non Akademik. 

Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan Non Akademik pada perkembangan minat siswa atau peserta didik pada Pendidikan Akademik, diperlukan beberapa cara atau gaya belajar, metode pembelajaran yang cocok, cara penyampaian yang tepat dan cara yang lainnya untuk mencapai tujuan kepada peserta didik atau kepada siswa.

Keberhasilan seorang siswa di bidang Non Akademik dapat kita lihat pada bakat alamiah dan tidak semua peserta didik memiliki hal tersebut karena hal itu adalah sebuah berkah yang dihadiahkan oleh Tuhan kepada para siswa yang beruntung ini. Keberhasilan dari seorang siswa tidak hanya ditandai dengan kesuksesannya dalam hal akademik saja, hal in perlu diperhatikan juga dalam segi kinestetik, estetika atau menurut cara pandang holistic bahwa Pendidikan kepada peserta didik harus diamati secara menyeluruh, tidak hanya diperhatikan pada beberapa bagian saja. 

Saat ini, banyak sekolah juga yang kurang memperhatikan pada hal ini padahal Pendidikan Non Akademik cukup penting bagi pembelajaran akademik. Bahkan tidak banyak juga pihak sekolah yang kurang mendukung atau bahkan juga tidak mendukung prestasi non akademik siswa tersebut yang sering diremehkan.

Bidang non akademik yang biasa diikuti oleh siswa adalah seperti pada bidang olahraga (sepak bola, basket, volley), bidang seni (melukis, teater, menari), bidang keagamaan (rohis, marawis), bidang organisasi (OSIS, PMR). Kegiatan seperti yang telah disebutkan akan meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran akademik, namun guru serta pihak sekolah terkadang membebani hal tersebut dan terkadang juga menyulitkan siswa dalam berinovasi di bidang tersebut. 

Dimana yang terjadi adalah siswa menjadi malas serta kurang tertarik dengan kegiatan non akademik seperti di bidang yang telah disebutkan dan juga menjadi sulit belajar pada kegiatan Pendidikan Akademik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun