Mohon tunggu...
Healthy

Pertumbuhan Komunikasi Kesehatan

24 November 2017   08:07 Diperbarui: 24 November 2017   08:18 467
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Meskipun tahun 1950 dianggap menandai awal dari "pemasaran era '' di Amerika Serikat, pembentukan fungsi pemasaran dalam ekonomi A.S. berlangsung beberapa dekade, dan pemasar memilikinya untuk mengatasi sejumlah faktor yang menghambat perkembangannya (Thomas, 2004). Konsumen yang baru diberdayakan menuntut beragam barang dan layanan, bahkan jika barang dan jasa yang ada telah dilayani dengan baik generasi sebelumnya.

Menambah pasar konsumen dengan kebutuhan yang meluas, ditambah dengan proliferasi produk, menciptakan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk informasi konsumen Kesehatan mengadopsi pendekatan pemasaran dengan baik setelah sebagian besar industri lainnya, dan era pemasaran tidak dianggap dimulai dalam rencana kesehatan dan kesehatan memiliki sejarah panjang kegiatan pemasaran; Memang, beberapa dari organisasi ini mencurahkan proporsi anggaran mereka yang sangat banyak untuk pemasaran Sementara pemasaran terasa tidak ada fungsinya Sebagian besar penyedia layanan kesehatan sampai tahun 1980an, prekursor pemasarannya sudah lama terbentuk. Setiap rumah sakit dan banyak organisasi kesehatan lainnya memiliki fungsi public relations (PR) yang mapan.

PR terlibat menyebarkan informasi mengenai organisasi dan pengumumannya perkembangan baru. Antarmuka utama staf PR adalah dengan media. Mereka menyebarkan siaran pers, menanggapi permintaan informasi, dan berfungsi sebagai interface dengan pers harus beberapa kejadian negatif terjadi. Organisasi penyedia besar biasanya membentuk komunikasi departemen untuk mengembangkan materi untuk disosialisasikan kepada publik dan karyawan organisasi. Internal (dan, belakangan, berorientasi pada pasien) buletin dan materi pendidikan pasien sering dikembangkan oleh staf komunikasi Beberapa organisasi yang lebih besar (dan tentu saja perusahaan ritel besar dan asosiasi profesional) mendirikan pemerintahan hubungan kantor Mereka bertugas sebagai penghubung dengan pejabat pemerintah dan disediakan upaya pelobi yang sesuai.

Selain prekursor formal pemasaran, organisasi kesehatan dari semua jenis terlibat dalam kegiatan komunikasi informal tingkat tertentu. Hal ini terjadi ketika rumah sakit mensponsori pendidikan kesehatan seminar, mengadakan open house untuk fasilitas baru, atau mendukung sebuah komunitas peristiwa. Rumah sakit memasarkan diri mereka dengan menyediakan fasilitas mereka kepada masyarakat untuk pertemuan publik dan jika tidak berusaha menjadi baik warga perusahaan.

Dokter memasarkan diri mereka melalui jaringan dengan rekan mereka di country club atau disponsori medis masyarakat acara. Semua kegiatan ini mengandalkan komunikasi yang efektif. Print adalah media pilihan untuk komunikasi di seluruh area 1960-an, terlepas dari peran media elektronik yang semakin berpengaruh bermain untuk pemasar di industri lain. Inilah era yang dipoles laporan tahunan, brosur informasi, dan publikasi yang ditargetkan ke masyarakat. Komunikasi kesehatan menjadi fungsi yang berkembang dengan baik, dan rumah sakit terus memperluas fungsi PR mereka.

Selama tahun 1970an, rumah sakit merasakan adanya urgensi yang mendesak untuk menangani kasus mereka ke masyarakat Hal ini ditambah lagi dengan keyakinan bahwa, di Masa depan, organisasi kesehatan harus bisa menariknya pasien. Batasan hukum pada pemasaran dilonggarkan, dan banyak organisasi memperluas fungsi PR mereka untuk memasukkan pemasaran yang lebih luas mandat. Aktivitas seperti itu tampak sangat kuat di beberapa bagian negara tempat organisasi perawatan kesehatan (HMO) muncul.

Persaingan untuk pasien meningkat, dan rumah sakit dan penyedia lainnya beralih ke fungsi PR yang biasa untuk usaha promosi mereka. Komunikasi Upaya mulai ditargetkan pada pasien, dan pasien Penelitian kepuasan semakin penting. Komunikator kesehatan harus mulai melihat khalayak secara keseluruhan cara yang berbeda, dan pentingnya konsumen diperkuat oleh pendahuluan dari sistem pembayaran prospektif Rumah sakit mulai berpikir perawatan medis dalam hal lini produk atau layanan, sebuah perkembangan itu adalah memiliki konsekuensi besar untuk pemasaran layanan kesehatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun