Mohon tunggu...
Cicik Nawang Putri
Cicik Nawang Putri Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswi

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Inilah Kegiatan Mahasiswi KKN Untag Surabaya di Kabupaten Nganjuk

4 Januari 2021   12:18 Diperbarui: 11 Januari 2021   10:39 116 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inilah Kegiatan Mahasiswi KKN Untag Surabaya di Kabupaten Nganjuk
Mahasiswi Untag Surabaya bersama dengan Bapak Ketua RT dan Warga Masyarakat

Krisis ekonomi selama pandemi COVID-19 ini berdampak besar pada kehidupan perekonomian masyarakat Dusun Bakalan, RT. 02/RW. 03,  Desa Rowomarto, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk. Dalam Rangka peningkatan ekonomi di masa pandemi COVID-19 banyak ide kreatifitas bisnis yang bisa dikembangkan.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu upaya Cicik Nawang Putri yang merupakan mahasiswi Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dengan dibantu Bapak Tomy Michael, S.H., M.H., selaku Dosen Pembimbing Lapangan untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tujuan dapat membantu masyarakat Dusun Bakalan, RT. 02/RW. 03,  Desa Rowomarto, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk agar tetap survive dan bertahan di tengah pandemi COVID-19 di Era New Normal.

Memberikan Video edukasi tetang New Normal, sosialisai penggunaan masker, pengetahuan dan keterampilan untuk mengelolah sampah.
Memberikan Video edukasi tetang New Normal, sosialisai penggunaan masker, pengetahuan dan keterampilan untuk mengelolah sampah.

Kelangsungan Kegiatan
Kelangsungan Kegiatan

Bakalan merupakan salah satu Dusun yang terletak di Kecamatan Rowomarto Kabupaten Nganjuk. Mayoritas warga bakalan dengan mata pencaharian sebagai seorang buruh tani dan berkebun, yang hasilnya biasanya di jual di pasar-pasar terutama di daerah sekitar kabupaten Nganjuk.

Harapan mahasiswi Cicik Nawang Putri dengan diadakannya program KKN ini yaitu dengan memberikan pelatihan tentang daur ulang sampah bertujuan agar masyarakat dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengelolah sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis yang layak jual sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan hidup masyarakat.

Keberhasilan kegiatan
Keberhasilan kegiatan

Secara umum kondisi masyarakat di Dusun Bakalan cenderung mudah untuk diajak bersosialisai dan menerima pendatang dengan sangat terbuka. Seperti contohnya adalah kegiatan KKN yang di lakukan mahasiswi Cicik Nawang Putri dan masyarakat menyambut dengan baik dan mengapresiasi dengan program KKN yang akan dilakukan. Dengan adanya program pengembangan kompetensi kreatifitas usaha bersama masyarakat Dusun Bakalan, RT. 02/RW. 03,  Desa Rowomarto, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk di Era New Normal dengan mendaur ulang sampah.

Koordinasi pemasaran Produk
Koordinasi pemasaran Produk

Dengan adanya kegiatan sosisalisasi bersama ketua RT dan warga setempat diharapkan dapat menciptakan suatu produk yang menghasilkan dari barang yang sudah tidak terpakai (sampah). mahasiswi Cicik Nawang Putri juga membantu warga setempat untuk memasarkan hasil produk via online dengan harapan dapat membantu warga untuk memasarkan produk daur ulang sampah tersebut agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan pelaksanaan kegiatan, tidak lupa mahasiswi Cicik Nawang Putri juga mengindahkan protocol kesehatan dimasa pandemi COVID-19 di Era New Normal. Pelaksanaan protocol kesehatan seperti cuci tangan, sosialisai penggunaan masker dan pembagian masker secara gratis serta tetap jaga jarak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan