Mohon tunggu...
Chy Cici
Chy Cici Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Wanita biasa

“Tak perlu menjelaskan tentang dirimu pada siapapun, karena yang mecintaimu tidak membutuhkan itu dan yang membencimu tidak akan mempercayai itu” – Ali bin Abi Talib RA –

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Musikalisasi Puisi

28 April 2020   06:47 Diperbarui: 28 April 2020   06:58 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman membaca puisi dan membuat musikalisasi puisi.

Awalnya saya hanya penyuka puisi, tapi belakangan ini awal pertengahan tahun 2019 saya mulai menyukai musikalisasi puisi. Saya sering menonton musikalisasi puisi di youtube, dan pada akhirnya mulai tertantang untuk mencoba. Apakah langsung bisa? Tentu saja tidak heheh.

Banyak kendala saat itu, apa kendalanya? Kendala yang utama adalah kepercayaan diri. Tak tahu kenapa saya memang kurang percaya diri terutama dengan suara. Namun akhirnya, saya coba. Ah... coba PD aja dulu, begitu pikir saya.

Saya belajar membaca puisi dengan otodidak, terus coba dan coba lagi. Akhirnya ada juga teman literasi yang suka dengan cara baca puisi saya dan kebetulan beliau saat itu editor naskah buku antologi "Suara Untuk Bumi" terbitan Yama Publiser. Dan musikalisasi pertama saya yang dipublikasikan adalah puisi yang berjudul "Suara untuk Bumi" karya Elang Iqbaluddin Abbas.

Mulai saat itu ada beberapa teman literasi yang meminta membacakan puisi-puisinya. Senang? Tentu saja hehe, dan saat ini saya juga alhamdulilah terpilih menjadi dubbing puisi di salah satu penerbit indie. Pada akhirnya mimpi yang tak pernah dibayangkan itu terwujud.

Di atas adaalah salah satu musikalisasi puisi karya A. Prasetyo. Kebetulan saat itu beliau meminta saya membacakan karyanya dan beliau yang membuatkan videonya. Buat teman-teman yang ingin belajar musikalisasi, berikut saya kasih tips. Semoga bisa bermanfaat.

1. Bangun rasa percaya diri
Percaya diri adalah modal yang paling utama, karena jika tidak ada rasa percaya diri, maka kita tak akan pernah memulai.

2. Mulailah mencoba
Mulailah mencoba, karena jika tak pernah mencoba kita tak akan pernah tahu bahwa kita mampu.

3. Jangan lelah tuk berlatih
Terus berlatih, kita bisa berlatih sendiri dengan melihat musikalisasi puisi di youtube atau bisa juga minta diajarkan kepada orang yang sudah mahir dalam baca puisi.

4. Menghayati isi bacaan, berulang-ulang
Membaca puisi perlu penghayatan, cobalah baca berulang ulang hingga kita bisa merasakan feel yang cocok. Jika sudah dapat feel nya semua akan mudah.

5. Mulailah mempublikasikan diri
Setiap orang punya selera yang berbeda, jangan dulu minder. Cobalah dan mulai publikasikan, maka kelak karya kita akan menemukan penikmatnya sendiri.

Bagaimana cara mempublikasikannya? Teman-teman bisa membuat video musikalisasi puisi sendiri. Ada berbagai macam cara, bahkan dari Hp pun bisa membuat video musikalisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun