Kesehatan

Bahaya Monsel Menjelang Tidur

12 Oktober 2017   12:28 Diperbarui: 12 Oktober 2017   12:36 205 1 1

Periksa facebook, instagram, line, whatapp,bbm, main boomerangan, itulah kegiatan wajib zaman sekarang yang pantang untuk ditinggalkaan.

Ketergantungan masyarakat sekarang terhadap gadget semakin hari semakin meningkat. Orang dulu,bangun tidur langsung bergegas ke dapur untuk menyiapkan makanan untuk keluarganya,namun berbeda dengan zaman sekarang,orang bangun tidur yang dicari smartphone,mengecek chat yang masuk atau sekedar melihat jumlah like pada unggahan instagram maupun facebook, dan di sela-sela kegiatan, anda pasti tetap menyempatkan waktu untuk melihat gadget seberapapun sibuknya.

Kemudian di malam hari, saat menjelang tidur, aktivitas online belum juga berhenti. Sampai di atas kasur pun kita pasti masih bermain gadget, dengan alasan melepas penat setelah seharian beraktivitas. Kebiasaan online menjelang tidur memang terlihat menyenangkan. Riset Griffith University and Murdoch University, mengungkapkan kebiasaan buruk pada kualiatas dan kuantitas tidur. Tanpa tidur yang cukup, tubuh akan kurang produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kurang dapat mengontrol stress dan akan berdampak pada kesehatan jangka panjang.

Setidaknya,orang membutuhkan 30 menit untuk mengistirahatkan pikirannya dari beban aktivitas. Beberapa kegiatan yang terbukti manjur dan cepat dalam refleksi pikiran adalah dengan membaca buku yang disukai, minum susu/minuman hangat, dan melakukan kegiatan peregangan pada otak. Namun, jika kita memainkan gadget pada waktu istirahat, otak akan menyalakan sistem syaraf emosional pada tubuh. Karena pada saat istirahat, otak perlu asupan gizi dan perlu melupakan sejenak pikiran yang memberatkan. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan tubuh kita.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan pembaca dalam memahami bahaya bermain ponsel saat akan tidur.