churmatin nasoichah
churmatin nasoichah PNS

Menulis dan Membaca itu bagai sisi koin yang tak bisa dipisahkan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Bayakmi Coffee, Pilihan Tempat bagi Penikmat Kopi Gayo di Takengon, Aceh Tengah

16 Mei 2018   18:36 Diperbarui: 16 Mei 2018   18:45 427 1 0
Bayakmi Coffee, Pilihan Tempat bagi Penikmat Kopi Gayo di Takengon, Aceh Tengah
Dok. Pribadi, Mei 2018

Dewasa ini marak bermunculan tempat tongkrongan yang menyajikan menu utamanya berupa kopi. Terutama di kota-kota besar seperti Medan, Banda Aceh, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bandung ataupun kota-kota lainnya sangat mudah sekali menjumpai tempat-tempat yang biasa disebut kafe dengan sajian utamanya kopi.

Kopi memang sangat digemari baik itu kalangan Muda, Tua, laki-laki maupun sebagian perempuan. Dengan aromanya yang khas, kopi mampu menggugah selera penikmatnya sambil menikmati waktu senggangnya. 

Bagi kalian penikmat kopi, tentunya tidak asing lagi dengan istilah Kopi Arabika Gayo. Gayo merupakan satu etnis di Kabupaten Aceh Tengah yang beribu kotakan Takengon.

Lokasi yang berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan berada di sepanjang pinggiran Danau Lut Tawar ini terdapat satu etnis yang bernama Gayo dimana sebagian besar masyarakatnya berkebun kopi yang kini sangat dikenal bahkan sampai tingkat Internasional. 

Jika kita berkunjung ke Kota Takengon tersebut maka akan disambut dengan berbagai tempat (kafe) yang menjual kopi-kopi khas Gayo dengan berbagai sajian menu. Kebun-kebun kopi juga akan banyak kita jumpai terutama dipinggiran kota tersebut.

Dan jika kita masih memiliki banyak waktu untuk menikmati kota kecil tersebut, sempatkanlah untuk mengelilingi dan menimkati pemandangan Danau Lut Tawar. Terdapat satu tempat kopi yang menarik yang lokasinya bisa dibilang sangat terpencil dan agak jauh dari kota Takengon, tepatnya ke arah timur laut kota atau arah menuju lokasi wisata Gua Putri Pukes.

Tempat tersebut bernama Bayakmi Coffee. Bayakmi Coffee berlokasi di sekitar Bukit Temung, Dusun Lelabu, Desa Mendale, Kecamatan Bayakan, Kabupaten Aceh Tengah. Bayakmi Coffee, dengan ownernya Bang Radi ini berlokasi tepat dipinggir Danau Lut Tawar sehingga pengunjung dapat juga menikmati pemandangan danau, sunset, bahkan gemerlap lampu kota sambil menikmati kopi.

Tersedia juga tempat pemancingan yang lokasinya di bawah kafe. Beberapa menu kopi disajikan mulai dari Espresso, Black, Americano, White Coffee, Capuccino, Latte, dan masih banyak menu-menu lainnya. Menu yang paling banyak digemari di kafe ini adalah Sanger. Kopi yang dicampur dengan krim susu ini cukup manis tanpa harus menghilangkan aroma kopinya. 

Dok. Pribadi, Mei 2018
Dok. Pribadi, Mei 2018

Keunikan dari kafe ini, sang owner sangat memegang kendali terhadap prosesnya pembuatan kopi mulai dari penanaman kopi, pengolahan bahkan sampai pada tahap penyajiannya. Dengan dibantu beberapa asisten, Bang Radi ini membuka kafenya setiap hari sambil juga berladang di kebun kopi terutama di pagi hari.

Terdapat beberapa jenis kopi yang disajikan yaitu pertama Wine, yang mana dalam prosesnya kopi tersebut difermentasi sehingga memiliki aroma yang lebih tajam dari lainnya. Kedua Peaberry, yaitu jenis biji kopi laki-laki. Ketiga Long Berry, yaitu jenis kopi yang memiliki ukuran lebih panjang dan keempat Honey, yang mana jenis ini diproses dengan cara digiling lalu dijemur selama kurang lebih 2 minggu. 

Dok. Pribadi, Mei 2018
Dok. Pribadi, Mei 2018

Dok. Pribadi, Mei 2018
Dok. Pribadi, Mei 2018

Dok. Pribadi, Mei 2018
Dok. Pribadi, Mei 2018

Masih penasaran dengan Bayakmi Coffee? kamu bisa kunjungi dan kepoin instagramnya dengan nama @bayakmicoffee atau jika kamu ingin pesan bubuk kopi atau bertanya-tanya lebih jauh bisa hubungi nomor whatsapp nya di 085262435587. Selamat menikmati kopi dan happy travelling.