Mohon tunggu...
Christie Stephanie Kalangie
Christie Stephanie Kalangie Mohon Tunggu... Karena bagiku, membaca dan menulis adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan.

Berdarah Manado-Ambon, Lahir di Kota Makassar, Merantau ke Pulau Jawa.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

"Can You Shut Up, Man?"

3 Oktober 2020   15:35 Diperbarui: 4 Oktober 2020   10:30 129 22 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Can You Shut Up, Man?"
Gambar Ilustrasi Donald Trump dan Joe Biden saat debat capres pertama. Sumber: 10goneviral.com 

Presiden AS, Donald Trump dan saingannya dalam pilpres AS, Joe Biden, terlibat adu argumen yang sengit. Hal itu terjadi pada Selasa (29/9/2020) di Cleveland saat mereka berhadapan di debat capres pertama. 

Pada debat capres tersebut, mereka diharapkan menyampaikan ide serta gagasan yang baik jika terpilih menjadi Presiden AS selanjutnya, namun ternyata keduanya saling berbalas serangan verbal. 

Tak hanya itu, Trump ternyata sering memotong pembicaraan lawannya sehingga Biden menyuruhnya untuk menutup mulut, "can you shut up, man?

Tendensi potong-memotong pembicaraan saat seseorang sedang berbicara memang kerap kali terjadi. Hal ini tentunya membuat sang pembicara, lawan bicara, dan pendengar/penonton lainnya merasa terganggu. 

Kali ini, penulis punya beberapa tips yang bisa dilakukan jika berhadapan dengan orang yang suka memotong pembicaraan. 

Punya persiapan sebelum berbicara 

Kalau sebelumnya kamu memang tahu bahwa lawan bicaramu terindikasi suka memotong pembicaraan orang lain, maka sebaiknya kamu bersiap untuk kemungkinan terburuk bahwa pembicaraanmu nantinya akan dipotong. 

Caranya, pastikan kamu berbicara dengan singkat, padat dan tepat. Perhatikan bahasa tubuh dan hindari intonasi suara yang agresif atau menyerang. 

Intinya, sebisa mungkin jangan memancing lawan bicara untuk menyela ketika kamu sedang berbiara. 

Jangan terpancing 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN