Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Kalahkan Cerundolo, Djokovic Incar Gelar Grand Slam ke-25

4 Juni 2024   07:14 Diperbarui: 4 Juni 2024   07:20 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Langkah Novak Djokovic (37) menuju gelar Grand Slam ke-25 nya semakin dekat, Nole sukses mencapai babak perempatfinal setelah bekerja keras menaklukkan petenis Argentina yang menempati unggulan ke-23, Francisco Cerundolo (25) 6-1, 5-7, 3-6, 7-5, 6-3 dalam sebuah pertandingan epik yang melelahkan dalam durasi 4:37 jam.

Petenis Serbia itu, yang mengincar gelar French Open ke-4, memastikan kemenangannya yang ke-370  di turnamen Grand Slam melewati rekor yang dipegang petenis Swiss Roger Federer, yang telah pensiun dari dunia tenis dengan catatan rekor kemenangan 369. Ini adalah pencapaian perempatfinal ke-59 Djokovic di turnamen mayor dan yang terbanyak dari petenis putra manapun.

Ini adalah kemenangan dalam lima set kedua Djokovic dalam 48 jam, petenis veteran Serbia  ini tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan sejak kemenangan maratonnya pada putaran ketiga melawan Lorenzo Musetti, disamping itu Djokovic juga berjuang mengatasi cedera lutut kanannya pada awal set kedua.

Djokovic memulai awal pertandingan dengan cepat,  mematahkan dua servis Cerundolo, Nole menutup set pertama dengan kemenangan mudah 6-1. Namun, di set kedua Ia mengalami cedera pada lutut kanannya yang membutuhkan perawatan di lapangan, di game ke-6 Nole bisa lolos dari empat kali break point lawan dan mempertahankan servisnya 3-3.

Namun, setelah saling mempertahankan servis masing-masing, di game ke-12 Novak yang sempat meraih poin pertama tak mampu membendung serangan Cerundolo yang langsung merebut tiga poin beruntun untuk memimpin 15-40. Novak hanya mampu mendekat di skor 30-40, sebelum diselesaikan oleh Cerundolo dengan kemenangan 5-7.

Memasuki set ketiga, Cerundolo yang memegang servis pertama langsung melesat dengan memimpin 3-0. Meski sempat dipaksa bermain deuce pada game pertama, Cerundolo sukses merebut tiga game awal dengan melakukan break point pada game kedua.

Djokovic yang berusaha keluar dari tekanan petenis Argentina yang menempati ranking 27 dunia itu tak mampu berbuat banyak, Cerundolo terus mempertahankan servisnya dan menutup set ketiga dengan kemenangan 6-3, untuk memimpin 2-1.

Di set keempat, sepertinya perjalanan Novak Djokovic harus berakhir, kemenangan sudah di depan mata Cerundolo saat Ia memimpin 4-2. Tetapi sayangnya Cerundolo menyia-nyiakan keunggulannya tersebut saat dua servis keras Djokovic tak mampu dibendungnya dan Nole merebut game 7 dengan cepat, dan kemudian mematahkan servis Cerundolo untuk menyamakan kedudukan 4-4.

Novak kemudian memimpin 5-4 setelah berhasil mempertahankan servisnya, namun Cerundolo tak mau kalah dan menyamakan skor 5-5 dengan love game. Novak pada akhirnya berhasil keluar dari lubang jarum, setelah memenangkan servisnya, Novak kemudian mematahkan servis lawan setelah melalui lima kali break point.

Di set penentuan, menjadi anti klimaks bagi penampilan Cerundolo. Meski sempat mengimbangi permainan Djokovic, hingga kedudukan 3-3, dimana keduanya saling mematahkan servis lawan di game kedua dan ketiga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun