Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Kejutan, Jensen Brooksby Singkirkan Unggulan Kedua Casper Ruud

19 Januari 2023   18:09 Diperbarui: 19 Januari 2023   18:12 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Jensen Brooksby (Reuters)

Kejutan kembali mewarnai turnamen tenis grandslam Australia Open 2023. Setelah sehari sebelumnya unggulan pertama Rafael Nadal harus tersingkir awal di babak kedua dari petenis California Mackenzie McDonald yang mengalahkan sang juara bertahan. Hari ini unggulan kedua Casper Ruud juga gagal melaju ke babak ketiga Australia Open 2023.

Petenis Norwegia yang sesumbar akan menjadi petenis nomor satu dunia dalam waktu dekat ini, tumbang ditangan petenis Amerika Serikat Jenson Brooksby (22) dengan skor 6-3 7-5 6(4)-7(7) 6-2, hasil ini sedikit membuyarkan harapan petenis Norwegia itu untuk memenangkan Grand Slam pertama dalam karirnya dan ambisinya menuju peringkat satu dunia.

Jensen Brooksby dan Casper Ruud memulai set pembuka dengan saling mempertahankan servis masing-masing hingga kedudukan 3-3. Namun, Brooksby berhasil membuat break servis untuk unggul 4-3 dan memenangkan servisnya untuk memimpin 5-3. Ruud yang berusaha bangkit dari tekanan Brooksby dengan pukulan voli dan forehand cepatnya, tetap tidak mampu berbuat banyak dan harus menyerah 3-6 usai servisnya kembali dibreak oleh Jensen Brooksby.  

Set kedua kembali berlangsung dengan ketat. Kedua pemain saling menunjukkan aksinya dengan pukulan-pukulan forehand yang memukau untuk menghasilkan skor. 

Kedua petenis saling mempertahankan servisnya masing-masing, saling merebut poin baik dari servis Ace maupun melo pukulan forehand dan voli mereka hingga kedudukan 5-5. 

Namun, Brooksby cukup alot setelah merebut servisnya sendiri untuk memimpin 6-5, dia tanpa ampun mematahkan servis Ruud, di game ke-12 set kedua ini, Brooksby langsung memimpin 30-0, tapi Ruud melakukan perlawanan untuk menyamakan skor 30-30. Tapi hanya sampai disini, dua poin berikutnya direbut Brooksby untuk menutup set kedua ini dengan kemenangan 7-5.

Set ketiga menjadi set yang berlangsung dramatis. Setelah timeout medis usai set kedua, Casper Ruud terlihat sedikit lebih nyaman di lapangan, tetapi ketinggalan 0-2 tentu menjadi sebuah tekanan yang berat. Dan itu terlihat ketika Brooksby yang kini berperingkat ke-39 ATP, langsung melejit dengan melakukan dua break servis untuk membawanya unggul 5-2. 

Sepertinya pertandingan akan segera berakhir dengan kemenangan bagi Jensen Brooksby. Tetapi, Casper Ruud rupanya pantang menyerah, petenis yang dua kali menjadi runner-up Grand Slam tahun lalu ini mampu menyelamatkan tiga match point sebelum akhirnya memenangkan set ketiga melalui kemenangan tiebreak 7(7)-6(4). Hasil ini membuat Brooksby merasakan tekanan dari kebangkitan spektakuler Casper Ruud.

Namun, harapan penonton di Rod Laver Arena melihat kebangkitan Casper Ruud berakhir anti klimaks. Brooksby langsung tampil garang dengan membreak servis Ruud dua kali beruntun untuk unggul 3-0. Ruud lalu memberikan sedikit harapan dengan membalas membreak servis Brooksby, tetapi sekali lagi Brooksby melakukan break servis untuk unggul 4-1, lalu 5-2. 

Jensen Brooksby, yang baru melakukan debutnya di Australia Terbuka tahun ini setelah pada tahun 2022 kemarin gagal tampil karena terkonfirmasi Covid-19, tak mau mengulang drama di set ketiga, dengan servis ditangan ia sukses menyudahi perlawanan unggulan kedua turnamen ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun