Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Gula si Manis yang Membawa Ancaman

27 September 2022   10:43 Diperbarui: 27 September 2022   10:49 208 30 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: res.cloudinary.com

Ada ungkapan yang cukup kita kenal tapi mungkin belum kita mengerti dengan baik dan benar yaitu 'kamu adalah apa yang kamu makan'. 

Ungkapan ini tentunya bukanlah untuk menggambarkan gaya hidup apalagi kelas sosial seseorang, ungkapan ini sejatinya lebih mengarah pada penggambaran tentang permasalahan kesehatan yang mungkin saja terjadi akibat pola dan konsumsi makanan yang tidak tepat.

Sesungguhnya makanan bisa menjadi kunci untuk membuat tubuh seseorang menjadi sehat, namun di sisi yang lain makanan juga bisa menjadi kunci yang membuat tubuh menjadi tidak sehat atau sakit. Makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia yang harus dipenuhi setiap harinya, dan bukan hanya sekali sehari tetapi mungkin dua, tiga ataupun lebih termasuk dengan makanan selingan yang dikonsumsi.

Makanan bagi manusia tidak hanya harus cukup tetapi juga harus baik dan sehat, dalam hal ini makanan yang dikonsumsi harus memenuhi empat sehat lima sempurna. Namun, kebanyakan sekarang ini makan dan makanan bukan lagi hanya sekedar mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh tetapi lebih cenderung kepada pemenuhan selera.

Makan enak sudah menjadi gaya hidup kebanyakan orang, dan salah satu yang menjadikan makanan enak adalah rasa manis yang dalam hal ini adalah gula. Dan sebagaimana yang kita ketahui gula atau kelebihan gula dalam tubuh menjadi sesuatu yang merugikan bagi kesehatan.

Gula sebenarnya sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi harus pula dipahami bahwa mengkonsumsi gula haruslah berhati-hati, karena kelebihan konsumsi gula justru dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui, gula dalam banyak makanan yang sering kita konsumsi merupakan komponen utama yang banyak kita temukan dalam sajian makanan ataupun minuman, baik yang instan ataupun yang dibeli jadi dan yang dibuat sendiri di rumah.

Ada beberapa jenis gula yang beredar di pasaran yang sering kita konsumsi, dimana ada jenis gula yang bisa membahayakan tubuh karena dapat menaikkan kadar gula darah dalam waktu yang sangat cepat, seperti misalnya gula rafinasi, kental manis dan lain-lain. Namun, sebagian jenis gula lainnya juga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang baik tepat dan cukup.

Tubuh ini membutuhkan gula, dimana gula selain sebagai sumber energi dalam proses fisiologis tubuh, gula juga berfungsi untuk memperbaiki regulasi suhu tubuh, gula juga baik untuk respirasi irama jantung, meningkatkan kekebalan tubuh serta fungsi otak dan banyak lagi manfaat gula lainnya.

Tanpa gula, organ di dalam tubuh tidak akan dapat bekerja secara normal, mulai dari otak, jantung, ginjal dan juga darah membutuhkan gula untuk dapat berfungsi dengan normal. Dengan kata lain, gula akan membantu fungsi dari organ-organ tersebut agar meningkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan