Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Menakar Peluang Generasi Z Juarai MotoGP, Enea Bastianini Terdepan

17 Maret 2022   22:15 Diperbarui: 20 Maret 2022   10:18 357 40 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: AFP/KARIM JAAFAR via autosport.com

Musim 2022 ini para penggemar MotoGP sudah tidak dapat lagi melihat aksi dari salah satu legenda balapan motor kelas para raja, Valentino Rossi. Setelah lebih dari dua dekade, Rossi malang melintang menunjukkan kehebatan, kegarangan dan juga semangatnya dalam melahap aspal lintasan balap MotoGP.

Meski kehebatan Rossi telah berakhir lebih dari sepuluh tahun yang lalu, tepatnya sejak ia terakhir kali menjadi juara dunia MotoGP di tahun 2009.

Munculnya pesaing-pesaing baru seperti Casey Stoner, Jorge Lorenzo dan juga Marc Marquez yang telah mematahkan dominasi The Doctor.

Namun demikian kegarangan Rossi di lintasan masih begitu memikat para penggemar berat MotoGP, MotoGP tanpa Rossi sepertinya sepi.

Dan seiring waktupun, dua-tiga tahun belakangan, bahkan kegarangan Rossi telah pupus dan yang tersisa hanya semangatnya itupun masih sangat dinikmati oleh para pecinta olahraga balap kuda besi.

Dan seperti kata pepatah "setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya", begitupun dengan Valentino Rossi masa jua yang memaksanya untuk mundur dari balapan. Namun, kini apakah balapan akan sepi tanpa Rossi?

Tentu saja tidak, talenta-talenta muda penggeber kuda besi telah siap untuk meramaikan sirkuit demi sirkuit musim ini dan nanti, dengan aksi-aksi yang tak akan kalah seru dan memikat.

Talenta-talenta muda yang belum lahir saat Rossi sudah memulai debutnya di Motor Grand Prix kelas 125cc (1996) dan setahun berikutnya sudah menjadi juara dunia kelas 125cc.

Kini generasi itu telah siap menggantikan aksi-aksi Vale di lintasan balap, sebut saja Joan Mir dan Fabio Quartararo, yang sudah mencicipi gelar juara dunia, atau nama-nama seperti Enea Bastianini, Marco Bezzecchi, Francesco Bagnaia, Jorge Martin, Luca Marini, Fabio Di Giannantonio, Darryn Binder, Remy Gardner, dan juga Raul Fernandez.

Pebalap-pebalap muda kelahiran 1997 ke atas ini telah menunjukkan kelasnya yang cukup kompetitif menghadapi persaingan sengit di kelas MotoGP, mereka tidak kalah garang dan juga prestasi dari pebalap senior semacam Marc Marquez, Andrea Dovisioso, Maverick Vinales, Espagaro bersaudara, dan juga pebalap yang sempat masuk daftar pebalap harapan seperti Franco Morbidelli, Jack Miller dan Johan Zarco serta Alex Marquez.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan