Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Australia Open 2022: Mampukah Nadal Mencetak Rekor "21" Gelar

18 Januari 2022   21:51 Diperbarui: 18 Januari 2022   21:59 243 26 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: tennistour.com

Rafael Nadal kembali ke pertarungan untuk mengejar catatan rekor 21 kali menjuarai turnamen Grand Slam. Bersama Novak Djokovic dan Roger Federer, Nadal sama mencatat rekor 20 gelar Grand Slam, dan kini setelah absen di turnamen Grand Slam terakhir 2021 di US Open, Nadal menjadi satu-satunya petenis yang bertarung untuk mengincar gelar ke 21, dimana Novak Djokovic yang sedianya ikut bertanding di Australia Terbuka ini batal ikut serta karena alasan pencekalan dan dideportasi terkait vaksinasi Covid-19.

Rafael Nadal yang menempati unggulan ke-6 tampil meyakinkan di babak pertama Grand Slam Australia Open saat ia menyingkirkan petenis Amerika Serikat Marcos Giron 6-1, 6-4, 6-2 pada Senin dan melaju ke putaran kedua Australia Terbuka.

Sepak terjang Nadal di Australia Terbuka tidaklah terlalu bersinar, Rod Laver Arena yang merupakan lapangan Hard Court bukanlah tempat favorit bagi Nadal seperti Roland Garros, Nadal tercatat hanya sekali keluar sebagai kampiun di turnamen ini, selebihnya ia mencatat 4 kali runner up.

Nadal menjuarai Australia Terbuka terakhir 13 tahun lalu di Australia Open 2009 saat mengalahkan Roger Federer dalam laga panjang 5 set. Sementara di Final 2012 Nadal menyerah dari Novak Djokovic, di final 2014 Nadal kalah dari Stanislas Wawrinka, selanjutnya di final 2017 Roger Federer sukses melakukan revans atas Nadal yang mengalahkannya di final 2009. Dan final terakhir Nadal di Australia Terbuka tahun 2019 kalah dari Novak Djokovic.

Menanggapi peluangnya untuk melangkah lebih jauh di Australia Terbuka, Nadal merendah tapi tetap cukup optimis untuk memberikan yang terbaik dari permainannya.

Nadal berkata: "Tentu saja, ketika Anda semakin tua, semua comeback menjadi lebih sulit. Ini sangat sulit karena ini bukan hanya comeback dari cedera, ini adalah comeback mencoba untuk kembali tur setelah hampir dua tahun tidak banyak bermain akibat virus."

"Tapi inilah aku. Saya sangat senang dengan semua pekerjaan yang telah kami lakukan untuk mencoba kembali. Kami di sini menikmati tenis, dan hanya itu. Kami akan terus berusaha keras."

Di babak kedua, petenis Spanyol ini akan menghadapi petenis yang maju dari babak kualifikasi, petenis asal Jerman Yannick Hanfmann yang menang mudah 6-2, 6-3, 6-2 atas petenis tuan rumah Thanasi Kokkinakis, yang diganggu oleh cedera dalam beberapa tahun terakhir ini, padahal sebelumnya Kokkinakis memenangkan gelar ATP Tour pertamanya yang cukup emosional di kota kelahirannya Adelaide pada hari Sabtu lalu.

Sementara itu unggulan teratas turnamen Australia Terbuka 2022 menyusul batal tampilnya Djokovic, Daniil Medvedev juga melangkah mulus melewati hadangan babak pertama dengan mengalahkan petenis Finlandia peringkat 92 dunia Henri Laaksonen 6-1, 6-4, dan 7-6(3), pada Selasa (18/1/2022) siang WIB. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan