Chaerul Sabara
Chaerul Sabara pegawai negeri

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Kalahkan Del Potro, Nadal ke Final US Open 2017

9 September 2017   13:32 Diperbarui: 9 September 2017   14:06 1452 0 0

Turnamen Grand Slam terakhir di tahun 2017, US Open telah memasuki babak semifinal, dimana pada pertandingan  pertama yang mempertemukan Kevin Anderso melawan Cerrero, yang dimenangkan oleh Anderson dengan skor 4 -- 6 , 7 -- 5, 6 -- 3, 6 -- 4. 

Partai kedua yang mempertemukan unggulan pertama Rafael  Nadal yang menghadapi Petenis Argentina Juan Martin Del Potro mantan juara US Open 2009 yang sekarang mencoba come back dan diunggulkan sebagai unggulan 24 turnamen ini, ini catatan pertemuan ke 14 kedua petenis. 

Dalam13 pertemuan sebelumnya Nadal Unggul 8 -- 5, namun yang menjadi catatan penting ini merupakan ulangan semifinal US Open 2009, yang saat itu dimenangkan oleh Del Potro, bahkan Del Potro menyabet gelar juara turnamen tersebut usai mengalahkan Federer di final. Meski sama sama berusia di atas 30 tahun partai antara Nadal VS Del Potro ini tentunya akan berlangsung sengit dan seru. Partai antara Rafael Nadal VS Juan Martin Del Potro berlangsung di Arthur Ashe stadium.

Set pertama dibuka dengan servis ditangan Nadal, kejar mengejar angka terjadi diawal pertandingan, Nadal memimpin 40 -- 30 dan kemudian merebut game pertama ini. Game kedua dengan mudah direbut oleh Del Potro dengan love game dan mencatat 1 servis ace di game ini. Game ketiga berlangsung ketat, Nadal melakukan 1 kali Double fault, namun berhasil mempertahankan servisnya melalui deuce, game ke 4 direbut oleh Del Potro, demikian pula game kelima Del Potro berhasil mematahkan servis Nadal melalui  deuce. 

Game ke 6 Del Potro melakukan 2 kali servis ace dan merebut game ini dan unggul 2 -- 4. Di game game selanjutnya kedua petenis berhasil mempertahankan servisnya masing masing, dimana di game ke 8 Del Potro kembali merebutnya dengan love game, dan di game ke 9 dimana Nadal mencoba bangkit dan berhasil mencatat 2 kali servis ace, namun Del Potro terlalu tangguh di game ini, ia menutupnya dengan 6 -- 4.

Set kedua nampaknya berlangsung anti klimaks, entah mengapa Del Potro seperti kehilangan determinasi, seakan kehabisan tenaga, loyo dan pasrah menghadapi gempuran gempuran groundstroke bertenaga dari Nadal, al hasil set kedua ini berhasil direbut dengan mudah oleh Rafa dengan skor telak 6 -- 0, dimana di set ini tercatat Del Potro melakukan 1 kali double fault, Nadal yang mulai bangkit di set ini melakukan 1 servis ace di set ke 3 yang direbutnya dengan love game. Nadal mematahkan 3 kali servis Del Potro yang nampaknya serve serve yang dilakukannya tidak sekeras dan sekencang servenya di set pertama.

Memasuki set ketiga Nadal langsung tancap gas full, mencatat 1 ace di game 1, mematahkan servis Del Potro di game 2 dan merebut game 3 dengan love game 3 -- 0 Nadal melejit. Game 4 sepertinya bisa direbut oleh Nadal setelah sempat unggul double game point, 40 -- 15, namun Del Potro tak mau menyerah begitu saja, dan kelihatan jauh lebih baik dibanding pada set kedua, ia berhasil memaksa deuce dan mempertahankan servisnya di game ini. Di game ke 5 sepertinya ada perlawanan dari Del Potro, Nadal sempat melakukan sekali double fault namun tetap berhasil merebut game ini. 

Game ke 6 perlawanan sudah mulai terlihat, Del Potro sepertinya telah mendapatkan kembali performa terbaiknya seperti di set pertama, dan berhasil merebut game ini dengan love game 4 -- 2.  Namun lagi lagi Nadal tampil begitu percaya diri, pukulan forehandnya yang terarah sangat merepotkan Del Potro, bahkan ia sempat membuat 1 lagi ace di game 7 ini, padahal tercatat dalam partai ini lebih dari 70% servis pertama Nadal gagal. 

Game 8 sepertinya akan direbut oleh Nadal setelah kembali unggul double game point 40 -- 15 namun Del Potro tidak mau menyerah begitu saja dan berhasil memaksa dua kali deuce sebelum akhirnya merebut game ini 5 -- 3. Namun Nadal juga tak mau menyianyiakan kesempatan yang terbuka game ke 9 direbutnya untuk menutup set ke 3 ini dengan kemenangan 6 -- 3.

Set keempat dibuka dengan servis ditangan Del Potro yang langsung membuat satu servis ace dan merebut game pertama. Game kedua Del Potro sempat mengganti raket, Nadal merebut game kedua ini dan lanjut mematahkan servis Del Potro di game ketiga untuk unggul 2 -- 1. Game 4 Nadal mencatat 1 kali ace untuk merebut game ini, game ke 5 kembali inkonsistensi Del Potro kambuh setelah melakukan double fault ia tidak berhasil mempertahankan servisnya dan kembali di patahkan oleh Rafa, Nadal unggul 4 -- 1. 

Partai final bagi Nadal nampaknya sudah mulai terbuka setelah dengan mudah merebut game ke 6, dan meskipun Del Potro mencoba memberi perlawanan di game ke 7 dengan membuat love game namun skor 5 -- 2 sudah cukup jauh untuk dikejar, dan begitulah akhirnya Nadal tidak mau kehilangan momen langsung memanfaatkan kesempatan servisnya, para wartawan di sisi lapangan sudah siap dengan kameranya seakan tahu bahwa game ke 8 ini adalah game terakhir, dan betul saja Nadal dengan mudahnya menutup match ini dengan 6 -- 2 dalam durasi pertandingan 2 jam 31 menit.

Sepertinya di set ke 4  Nadal juga sudah sedikit tidak stabil, sudah sering melakukan unforced error pada saat seharusnya bisa merebut point. Namun kesempatan ini tidak bisa dimanfaatkan oleh Del Potro yang terlihat sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan performanya di set kedua, meski seperti anti klimaks partai ini cukup cukup menghibur penggemar tenis, banyak atraksi atraksi menarik dan momen momen menarik di pertandingan ini, yang sempat terhenti sedikit oleh karena ada seekor ngengat yang masuk ke lapangan yang coba disingkirkan oleh ballboy. 

Kita nantikan Final US Open 2017 antara "Old Crack" The Champion Rafael Nada (31th)l VS Kevin Anderson (21 th) yang merupakan first grand slam finalnya, pastinya akan seru, karena nampaknya karakter lapangan US Open ini sangat cocok bagi petenis yang jangkun g, seperti sosok Kevin Andersonyang jangkauan tangan serta langkah panjang kakinya bisa cepat menjangkau bola yang cepat di court.