Mohon tunggu...
Mardyaning Christ
Mardyaning Christ Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Have a good day!

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

SEO dan SEM yang Sama-Sama Search Engine, Ternyata Berbeda!

27 September 2020   22:11 Diperbarui: 27 September 2020   22:48 97 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SEO dan SEM yang Sama-Sama Search Engine, Ternyata Berbeda!
Sumber: denucup.web.id

Mungkin dari kita masih asing dengan istilah dari SEO dan SEM. Banyak pertanyaan yang mungkin muncul dibenak kita. Daripada kita bertanya-tanya mengenai SEO dan SEM, mari kita berkenalan dengan menyimak isi artikel ini!

Sebelum mengenal SEO dan SEM kita perlu mengetahui kepanjangan dari singkatan tersebut. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, sedangkan SEM yaitu Search Engine Marketing.

SEO dan SEM sama-sama memiliki awalan singkatan yang sama yaitu Search Engine. Sebenarnya apa maksud dari Search Engine? biasa kita artikan sebagai mesin pancari.

Mesin pencari inilah yang dirancang serta dibuat sedemikian rupa untuk menjadi sebuah program dalam komputer yang dapat menemukan atau mencari sebuah file yang sedang dibutuhkan untuk dapat membantu menghemat waktu (Artanto, 2017). Mari kita mulai masuk dalam penjelasan SEO dan SEM.

Istilah SEO (Search Engine Optimization) digunakan pertama kali oleh Jason Gambert dalam email ditahun 2007. Sebenarnya istilah SEO sudah mulai digunakan ditahun 1997.

SEO muncul karena ketika orang sulit mengingat URL dengan hadirnya SEO, hal itu lebih dimudahkan. Sebenarnya SEO dapat diartikan sebagai aktifitas dalam mengoptimalisasi pencarian untuk dapat meningkatkan sebuah website. 

SEO dapat dipahami sebagai rangkaian upaya dari sebuah website atau blog yang dapat dimanfaatkan untuk sarana kegiatan promosi supaya mendapat rating dialam website pencarian misalnya saja Google, Yahoo, dan Bing (Satibi, dkk, 2017). 

SEO biasanya digunakan untuk kegiatan bisnis produk maupun jasa, harapannya SEO dapat membantu website supaya dapat muncul dalam halaman utama mesin pencarian dan harapan selanjutnya adalah ketika banyak orang yang melihat website tersebut dapat terpengaruh untuk membeli produk atau mencoba jasa yang ditawarkan.

Menurut Saibiti, dkk (2017) SEO memiliki 2 jenis yaitu :

  1. SEO On-page, yaitu aktifitas yang dapat dilakukan pada halaman website supaya membantu mesin pencaharian dalam hal pencarian kata kunci terkait sebuah website. Hal ini dapat menggunakan teknik memastikan adanya kata kunci yang terkait, tag, deskripsi, gambar, headline, dan lain-lain yang berkaitan dengan website tersebut. 
  2. SEO Off-page, yaitu aktifitas memberikan blacklink yang dapat mengarah pada website utama yang dituju. Hal ini berkaitan dengan hal-hal diluar website yang dapat mempengaruhi peningkatan rating dari sebuah website.

Ada beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika menggunakan SEO dalam menjalankan sebuah website bisnis :

  • Dapat meningkatkan jumlah pengunjung dari website utama dengan bermodal kata kunci yang mudah diingat dan dipahami.
  • Dapat meningkatkan popularitas suatu website
  • Mengangkat nama brand lewat media online yaitu dalam website
  • Meningkatkan julah penjualan.

Selanjutnya kita beralih pada SEM (Search Engine Marketing). Sebenarnya antara SEO dan SEM merupakan suatu keterkatian yang hampir mirip. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x